Ads

Mengapa Orang Pakai Jam Tangan di Tangan Kiri? Ini Jawabannya


Kebanyakan orang memakai arloji atau jam tangan di pergelangan tangan kiri, mengapa ? Jawabannya karena alat pemutar jam berada di sebelah kanan. Sehingga pengguna lebih mudah untuk menyesuaikan pengaturan tangan kanan.

Mengapa orang pakai jam tangan di tangan kiri

Bagaimana dengan orang kidal ? Orang kidal juga lebih mudah untuk mengatur crown atau alat pemutar jam ketika jam di tangan kiri.

Itu untuk jam tangan analog.

Sedangkan untuk jam digital pemakaian di pergelangan tangan kanan atau kiri tidak terlalu berpengaruh. Karena pengaturan pada jam tangan digital tidak memakai alat pemutar jam, tapi menggunakan tombol. 

Sampai sekarang pun banyak orang yang penasaran kenapa memakai jam di pergelangan tangan kiri tidak di tangan kanan.

David Feldman bersama para pakar arloji menjelaskan mengapa banyak orang yang mengenakan arloji di tangan kiri. Mereka adalah ahli jam Henry Fried, Pat Campbell dari Bulova, dan Lowell Drutman dari Timex.

Dijelaskan bahwa, pada zaman jam saku, alat pemutar telah ditaruh di dekat angka "3" atau sisi kanan arloji. Penempatan itu membuat orang canggung untuk memutar arloji dengan tangan kiri. Baik itu bagi orang kidal, tidak kidal, atau ambidekster (kemampuan orang memakai kedua tangan dengan sama-sama baik).

Menarik untuk diketahui, apakah munculnya arloji-arloji yang pengaturannya tidak harus dengan memutar crown akan mengubah preferensi orang untuk menempatkan arloji ? Barangkali ini adalah perkara yang menarik untuk diamati oleh para ahli. 

Ahli jam Henry Fried menjelaskan tidak ada produsen jam tangan yang pernah mencoba untuk memasarkan produknya buat orang kidal. Memang terkadang ada perancang nyentrik yang menempatkan alat pemutar jam di dekat angkat "9".

Kebanyakan orang tidak kidal dan lebih sering menggunakan tangan kanan dari pada tangan kiri. Menggunakan jam tangan di tangan yang dominan cenderung rentan merusak arloji.

Sesungguhnya tidak ada aturan baku dalam mengenakan jam tangan, meski banyak yang mengenakan di tangan kiri. Ada berbagai alasan, seperti untuk memudahkan dan praktis, karena bagian untuk mengatur jam terletak di bagian kanan jam. Ada juga yang menyatakan sebagai seni dengan memasangkan gaya pribadi dengan mengenakan arloji.

Ini bukan soal benar atau salah dalam memilih pergelangan tangan mana yang akan dipakaikan arloji. Namun jika merujuk pada kebiasaan umumnya, tangan yang dipakaikan arloji bukan tangan dominan. Jadi kalau dominan tangan kanan, maka memakai arloji di tangan kiri.

Jadi sejatinya kita bisa memakai jam tangan sesuai keinginan kita, baik di tangan kanan atau kiri. Itu semua tergantung pada kenyamanan dan kepercayaan diri.

0 Response to "Mengapa Orang Pakai Jam Tangan di Tangan Kiri? Ini Jawabannya"

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *