Ads

Perbedaan Antara Port USB 2.0 dan USB 3.0


Perbedaan utama antara USB 2.0 dan USB 3.0 adalah bahwa kinerja USB 3.0 jauh lebih cepat dari pada USB 2.0. Jika USB 2.0 hanya menawarkan kecepatan tertinggi 480 Mbps, sementara USB 3.0 menawarkan kecepatan transfer hingga 4,8 Gbps. Selain itu, warna USB 2.0 biasanya abu-abu atau hitam, sedangkan USB 3.0 biasanya berwarna biru untuk membedakannya dari 2.0.

Perbedaan antara port USB 2.0 dan USB 3.0

USB itu sendiri adalah alat yang sangat populer dan berguna. Bahkan mungkin jika Anda tidak tahu persis apa itu USB atau bagaimana cara kerjanya, kemungkinan besar Anda pernah mendengarnya, atau malahan sering menggunakannya tanpa menyadarinya.

USB adalah singkatan dari Universal Serial Bus (USB). Tujuan diciptakannya USB adalah sebagai media komunikasi antar perangkat dalam hal informasi, data, dan arus listrik.

Dulu sebelum USB muncul, kita menggunakan berbagai macam kabel dan port berbeda untuk terhubung ke komputer. Misalnya untuk menghubungkan mouse, keyboard, printer dll ke komputer. Sekarang cukup menggunakan satu jenis kabel yaitu kabel USB. Bahkan USB juga digunakan untuk menge-charge ponsel, untuk menyalin dan mentransfer data dari ponsel, hard drive eksternal, dll.

Pendek kata USB adalah salah satu protokol komunikasi yang paling umum digunakan saat ini.

USB dirilis pertama kali pada Januari 1996, kemudian dikembangkan oleh konsorsium Compaq, DEC, IBM, Intel, Microsoft, NEC, dan Nortel. Idenya adalah untuk mengembangkan protokol komunikasi universal untuk menggantikan berbagai konektor berbeda yang digunakan oleh perusahaan yang berbeda.

USB 2.0, versi yang disempurnakan dirilis pada April 2000, dan kemudian diikuti oleh USB 3.0 pada November 2008. Namun kita dapat mencolokkan kabel USB 2.0 di port USB 3.0, atau sebaliknya. tapi itu akan mempengaruhi kecepatan transfer data.

USB 3.0 memiliki lebih banyak kabel, yang memungkinkannya untuk membawa lebih banyak data, sehingga mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk mentransfer seluruh data. USB 2.0 memiliki 4 kabel internal di kabelnya, sedangkan USB 3.0 memiliki 9. Jadi lebih dari dua kali lipat.

USB 2.0 dan 3.0 juga berbeda dalah hal cara mentransfer data. USB 2.0 menggunakan metode setengah dupleks untuk mentransfer data. Artinya bahwa aliran data di USB 2.0 adalah searah. Misalnya, kita dapat mengirim data atau menerima data, tapi tidak dapat melakukan keduanya secara bersamaan. Sedangkan aliran data dalam USB 3.0 bersifat dua arah, karena menggunakan metode dupleks penuh. Ini artinya pengguna dapat mengirim dan menerima data secara bersamaan.

Perbedaan lain antara USB 2.0 dan 3.0 adalah dari segi visual. Biasanya port USB 2.0 berwarna hitam atau abu-abu, sedangkan port USB 3.0 berwarna biru. Tujuannya agar orang dapat membedakan kedua port USB itu yang seringkali terlihat identik.

Port male USB 2.0 dan 3.0 juga berbeda. Port USB 2.0 memiliki 4 pin tembaga, sedangkan port USB 3.0 memiliki 9 pin tembaga sesuai dengan 9 kabelnya.

Sebagai tambahan, perlu juga dicatat bahwa USB 2.0 dan 3.0 memiliki beberapa port berbeda. Yaitu port tipe A yang digunakan di komputer dan perangkat besar dan port tipe B yang berukuran kecil untuk digunakan pada perangkat seperti kamera digital, MP3 player, dll. Dalam perkembangannya, sebagian besar port mini-B sekarang diganti dengan port micro-USB, seperti yang sering kita lihat pada beberapa ponsel cerdas.

Perbedaan port USB 2.0 dan USB 3.0


 USB 2.0
 USB 3.0
 Versi
 V 2.0
 V 3.0
 Tanggal Rilis
 April 2000
 Nopember 2008
 Kecepatan
 480 Mbps
 4.8 Gbps
 Data transfer
 Metode setengah duplex
 Metode full-duplex
 Konsumsi daya
 500 mA
 900 mA
 Warna
 Hitam, abu-abu
 Biru
 Jumlah kabel
 4
 9
 Panjang kabel maksimum
 5 meter
 3 meter
 Harga 
 Lebih murah 
 Lebih mahal 


0 Response to "Perbedaan Antara Port USB 2.0 dan USB 3.0"

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *