Ads

6 Hal Yang Perlu Anda Lakukan Jika Punya Laptop Baru


Jika Anda baru beli laptop, sebaiknya jangan langsung menyalakan ataupun menggunakannya. Tapi luangkan sedikit waktu untuk membaca tips seputar laptop baru berikut ini. Tujuannya agar Anda dapat menggunakan laptop tersebut dengan aman dan nyaman.

Untuk menghindari resiko keamanan saat online, setidaknya ada 6 hal yang harus diperhatikan sebelum Anda mengunakan laptop baru.

Yang perlu dilakukan pada laptop baru
Sumber gambar : Laptopmag.com

Namun, berhubung saat ini system operasi yang paling banyak digunakan adalah Microsoft OS, maka kami berasumsi bahwa Anda pun menggunakan produk Microsoft yaitu Windows 10 di laptop baru tersebut. Jika anda menggunakan Windows versi yang lain, maka langkah yang harus dilakukan hampir sama, hanya mungkin ada sedikit perbedaan.   

Yang perlu dilakukan jika punya laptop baru

Nah berikut 6 hal yang perlu dilakukan jika Anda punya laptop baru.

#1. Jalankan update Windows

Hal pertama yang harus Anda kerjakan saat menjalankan laptop baru adalah meng-update Windows. Laptop baru Anda mungkin datang dengan versi pertama Windows 10. Padahal setidaknya sudah ada  dua pembaruan besar yang diluncurkan, salah satunya adalah Fall Creators Update.

Contoh perubahan terbesar Microsoft ke Windows dalam versi terbaru sistem operasinya adalah tentang pembaruan Windows yang dipaksakan (forced Windows Updates), sehingga pengguna tidak mungkin melewatkan pembaruan.

Cara mengupdate windows di laptop baru : klik Start Menu >> pilih Gear pengaturan >> Updates & Security >> Check for updates.

Selanjutnya tinggal tunggu munculnya update.

#2. Pasang anti-virus

Pastikan semuanya berjalan dalam kendali pusat keamanan Windows Defender (Windows Defender Security Center), kemudian instal beberapa software anti-virus.

#3. Pilih peramban web (web browser)

Windows 10 hadir dengan web browser baru bernama Microsoft Edge, yang dimaksudkan untuk menggantikan Internet Explorer. Pastinya Microsoft ingin Anda memanfaatkan semua fitur browser ini, tapi jika Anda tidak tertarik pada Edge, Anda bisa menggunakan web browser lain seperti Chrome atau Firefox.

#4. Buat akun pengguna (user accounts) dan kontrol orangtua (parental control)

Ini berguna untuk jaga-jaga seandainya laptop baru tersebut juga digunakan oleh orang lain, misalnya anggota keluarga. Jadi anda menggunakan akun pribadi, aggota keluarga yang lain menggunakan akun lainnya atau akun umum dll.

Cara membuat user accounts yang berbeda : klik Setting >> Select account >> Other people

#5. Menata / merapikan Start Menu

Start Menu pada Windows 10 menampilkan beberapa Live Tiles. Beberapa bagian darinya tentu sesuai dengan minat Anda. Tapi sebagian yang lain mungkin sama sekali tidak menarik. Karena itu Anda harus menata atau merapikannnya. 

Misalnya jika Anda tidak suka game dan sangat menyukai berita, maka klik kanan pada tile game >> pilih Unpin

Anda juga bisa mengubah ukuran tiles yang sangat menarik minat, misalnya diperbesar ukurannya. Caranya klik kanan pada tiles tersebut >> ubah ukuran

#6. Hapus instalasi software yang tidak perlu

Soal ruang penyimpanan hard disk pasti bukan masalah pada laptop baru. Namun perangkat lunak bawaan yang tidak diinginkan dapat memperlambat kinerja laptop dan menyebabkan konflik dengan aplikasi sejenis yang lebih diinginkan. Jadi saran kami adalah hapus software yang tidak diperlukan atau tidak diinginkan.

Nah, bagaimana cara menghapus software yang tidak perlu dari laptop yang baru dibeli ? Ah, sepertinya kalian sudah tau caranya ….

0 Response to "6 Hal Yang Perlu Anda Lakukan Jika Punya Laptop Baru "

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *