Ads

Ladies, Begini Cara Memilih Jam Tangan Wanita Yang Tepat


Wanita identik dengan fashion. Ibarat koin, wanita dan fashion adalah dua sisi dari satu koin yang sama. Tanpa fashion. wanita di keramaian sering “mati gaya” dan mudah mengalami “salting” alias salah tingkah. Nah agar tidak mati gaya dan salah tingkah, siapkan aksesoris yang dapat kamu pakai untuk mendukung gaya dan penampilan sehari-hari.

Apa itu ? Salah satunya adalah jam tangan.

Seperti kita tau, jam tangan bukan sekadar alat penunjuk waktu belaka. Tapi juga sebagai aksesoris atau perhiasan yang dapat mendukung penampilan.

Tapi … ya jangan asal pakai jam tangan juga. Karena jam tangan yang mendukung penampilan adalah jam yang memiliki kesesuaian antara model jam tangan dengan ukuran fisik pemakai serta penampilan / kegiatan yang bersangkutan sehari-hari.

Misalnya, sesuaikan model jam tangan dengan ukuran pergelangan tangan. Jangan sampai kekecilan ataupun sebaliknya kedodoran.

Cara memilih jam tangan wanita yang tepat
Ilustrasi jam tangan wanita Rolex

Cara memilih jam tangan wanita yang tepat

Nah, untuk membantu kalian dalam memilih jam tangan wanita yang sesuai, maka dibawah ini diuraikan 10 cara dalam memilih jam tangan wanita.

#1. Sesuai pergelangan tangan

Jika pergelangan tangan kamu kecil, maka pilihlah jam tangan dengan tali yang tipis dan kepala jam yang kecil pula. Jangan gunakan tali jam tangan yang tebal dan kepala jam yang besar, sebab akan membuat tangan kamu terlihat makin kecil.

Sebaliknya buat kamu yang punya pergelangan tangan cukup besar, kamu bisa memilih jam dengan tali berukuran lebar, namun tipis, dan kepala jam yang besar.

Untuk menyesuaikan ukuran, baca panduannya berikut ini :

- Lebar lengan 15-17 cm = Jam dengan lebar 38 mm, 40 mm, dan 42 mm.
- Lebar lengan 19-20 cm = Jam dengan lebar 44 mm dan 46 mm.
- Lebar lengan 20 cm = Jam dengan lebar 48 mm dan 50 mm.

Panduan diatas sifatnya umum, tujuannya agar kamu bisa memilih jam tangan wanita yang ukurannya pas. Tidak kebesaran, juga tidak kekecilan.

#2. Sesuai warna kulit

Bagi kamu yang punya warna kulit cerah, kamu beruntung. Kenapa ? Karena bisa memilih berbagai variasi warna. Baik warna-warna cerah maupun warna-warna gelap.

Warna jam tangan yang cerah misalnya : putih, kuning, atau merah. Warna gelap misalnya : hitam, biru atau cokelat. Jam tangan warna gelap akan terlihat kontras dengan kulitmu.

Bagi kalian yang memiliki warna kulit gelap, sebaiknya memilih jam warna netral seperti abu-abu, krem, khaki dll.

#3. Sesuai dengan karakter

Setiap orang punya karakter yang khas dan berbeda, demikian pula wanita. Jam tangan yang sesuai dengan karakter pengguna akan lebih nyaman jika dipakai.

Misalnya, jika kamu merasa bahwa dirimu adalah wanita feminin, kamu bisa memilih model jam tangan yang elegan dengan warna-warna yang soft ataupun jam tangan dengan ornament lucu.

Sebaliknya, jika kamu merasa bahwa dirimu adalah wanita yang aktif, kamu bisa memilih jam tangan unisex atau yang bergaya sporty.

#4. Sesuai dengan kebutuhan

Yang dimaksud kebutuhan disini adalah aktivitas sehari-hari.

Jika kamu wanita yang banyak menghabiskan waktu di kantor, kamu bisa memilih jam tangan yang elegan dengan strap berbahan kulit atau stainless steel.

Sebaliknya untuk wanita yang sering berada di luar ruangan, seperti pekerja lapangan atau aktif berolahraga, maka jam tangan sporty lebih cocok buat kamu.

#5. Sesuai aksesoris yang dipakai

Pertimbangkan pula untuk memilih jam tangan yang sesuai dengan aksesoris yang sering kamu pakai di tangan, misalnya gelang atau perhiasan. 

Jika memakai perhiasan di tangan, pilihlah jam tangan yang elegan, klasik atau kasual. Tapi jika yang kamu pakai adalah gelang biasa, kamu bisa memilih model jam kasual atau sporty.

#6. Bahan material jam tangan

Ada beberapa bahan material pembuat jam tangan dan masing-masing memiliki ketahanan yang berbeda. Bahan material pada tali jam misalnya stainless steel, kulit, nilon, canvas, silicon dan karet (rubber). Untuk kepala jamnya, rata-rata berbahan metal atau logam. Untuk kaca bisa terbuat dari mineral glass (lebih tahan benturan), sapphire crystal (lebih tahan goresan), dan hardlex.

Sebaiknya jangan memiih kepala jam yang ringan, bisa jadi kepala jam tersebut terbuat dari besi campuran, tentu kulaitasnya kurang bagus. Selain itu, perhatikan pula jenis kaca yang dipakai.

#7. Jam tangan yang trending

Memilih model atau merk jam tangan yang sedang trending bisa membuat gaya fesyen-mu semakin up to date. Apalagi jika kamu adalah tipe wanita yang bergaya kekinian, memilih model jam tangan trending akan semakin menunjang gayamu sehari-hari.

#8. Pilih merk branded

Sebaiknya pilih jam tangan dari merk branded, yang sudah jelas dan terpercaya reputasinya. Merk branded akan “mengangkat” penampilanmu. Selain itu jam tangan merk branded pasti lebih awet tahan lama daripada merk yang belum jelas asal-usulnya.

#9. Saran orang terdekat

Tidak ada salahnya kamu menanyakan soal model atau tipe jam tangan yang cocok pada orang-orang dekatmu. Orang terdekat seperti keluarga atau sahabat, biasanya tau kamu itu tipe orang seperti apa dan tau gayamu sehari-hari.

Tanyakan pada mereka apakah kamu cocok ‘nggak dengan jam tangan model ini, model itu dll.

#10. Budget atau dana

Kalau yang ini sudah cukup jelas. Karena kalau mau membeli barang apapun, termasuk jam tangan, harus disesuaikan dengan dana yang tersedia.

0 Response to "Ladies, Begini Cara Memilih Jam Tangan Wanita Yang Tepat"

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *