Ads

Perbedaan dan Persamaan Jam Tangan Automatic Vs. Kinetic


Sama-sama berakhiran “tic”, jam tangan automatic dan jam tangan kinetic sering dikira sama. Padahal antara keduanya merupakan jam tangan yang berbeda. Walaupun ada juga sedikit persamaannya.

Persamaan antara jam tangan automatic dan kinetic adalah sama-sama menggunakan tenaga gerak untuk mengisi daya. Keduanya memiliki rotor yang digunakan untuk mengisi daya ketika digerakkan dengan cara digoyang-goyangkan, sehingga menghasilkan gerakan memutar.

Perbedaan jam tangan otomatis vs kinetis

Perbedaan jam tangan automatic vs. kinetic

Sedangkan perbedaan antara jam tangan automatic dan kinetic diuraikan dalam penjelasan berikut.

Jam tangan automatic (automatic movement)

Kata automatic disini berasal dari istilah automatic winding atau self winding yang artinya memutar secara atomatis. Pada jam tangan atomatis pengisian daya dilakukan tanpa memutar crown, melainkan dilakukan oleh rotor yang terdapat pada movement. Daya hasil putaran rotor disimpan pada mainspring, yang kemudian disalurkan ke roda-roda gir sehingga jarum jam bergerak dan jam berfungsi. Prosesnya berlangsung secara mekanikal, tanpa bantuan listrik.

Pada jam manual winding, pengguna harus memutar crown untuk mengisi daya.

Jika jam tangan tidak dikenakan dalam jangka waktu lama, daya yang tersimpan di mainspring atau power reserved, akan habis. Akibatnya jam tangan mati atau tidak berfungsi, dan harus digerakkan agar hidup lagi.

Beberapa merek jam tangan melengkapi jam automatic mereka dengan fitur manual winding yang berfungsi sebagai “starter daya” sampai rotor dapat mengisi power reserved.

Jam tangan kinetic (kinetic movement)

Jika automatic movement tidak menggunakan daya listrik sama sekali alias full mekanis, maka kinetic movement justru menggunakan daya listrik untuk menggerakkan jarum jam. Inilah perbedaan mendasar antara automatic dan kinetic movement.

Jam tangan kinetic sering disebut sebagai movement automatic-quartz, yaitu menggabungkan antara konsep pengisian daya movement mekanis automatic dengan jam bertenaga listrik atau quartz. Konsep ini pertama kali ditemukan perusahaan jam asal Jepang, Seiko.

Seiko menyebutnya dengan AGM atau Automatic Generating Movement dan diperkenalkan pertama kali pada Basel Fair 1986. Dalam perkembangannya AGM terbukti sebagai platform yang ramah lingkungan, akurat, dan tahan lama.

Baik automatic movement dan kinetic movement sama-sama memiliki rotor yang digunakan untuk mengisi daya yang disimpan pada kapasitor atau baterai isi ulang.

Power reserved pada movement automatic rata-rata hanya 48 jam, sedangkan pada movement kinetic power reserved-nya bisa mencapai 1,5 bulan sampai 6 bulan, tergantung pada kaliber yang digunakan.

0 Response to "Perbedaan dan Persamaan Jam Tangan Automatic Vs. Kinetic"

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *