10 Tips Bepergian (Traveling) Dengan Membawa Drone


Jika Anda seorang jurnalis, fotografer, ataupun seseorang yang suka bepergian atau traveling, maka boleh jadi drone telah menjadi barang penting yang perlu dibawa serta. Dengan drone Anda dapat mengambil video atau foto dari angle yang unik.

Nah bagaimana cara bepergian yang aman dengan membawa drone ? Berikut adalah sejumlah tips bepergian dengan membawa drone agar aman selama perjalanan. 

Tips traveling membawa drone

Tips traveling membawa drone

#1. Memahami dan mematuhi aturan setempat

Meskipun drone telah semakin populer di dunia, namun aturan yang berkaitan dengannya bisa berbeda di setiap negara. Karena itu Anda perlu mengetahui dan memahami aturan penggunaan drone yang diizinkan di masing-masing negara.

Sebelum berangkat, lakukan googling untuk mendapatkan update terbaru mengenai aturan menggunakan drone di tempat tujuan. Karena boleh jadi peraturan yang dimaksud telah berubah.

#2. Perhatikan aturan di pesawat

Drone termasuk barang mahal tapi mudah rusak. Karena itu pastikan memeriksa drone sebelum naik pesawat. Biasanya maskapai mengharuskan drone untuk diangkut dalam bagasi. Baterai lithium polymer adalah barang yang mudah terbakar, jadi ikuti saja peraturan maskapai karena biasanya ada pembatasan pada jumlah baterai dan di mana barang tersebut harus disimpan dalam bagasi Anda.

#3. Simpan dalam tas yang bagus dan kuat

Selama perjalanan drone perlu disimpan dalam tas yang bagus dan kuat. Mungkin harga tas-nya sedikit lebih mahal, tapi itu adalah investasi yang baik untuk hobi kamu.

#4. Siapkan baterai cadangan

Setiap baterai drone punya kemampuan terbatas. Pada DJI Mavic Pro dan Phantom 4 misalnya, satu baterai mampu menerbangkan drone sekitar 20-25 menit, sementara waktu yang dibutuhkan untuk men-charge baterai tersebut sekitar 1 jam. Dalam hal ini, baterai cadangan akan sangat penting untuk menghindari waktu terbuang percuma.

Selain cadangan baterai, barang lain yang juga berguna adalah inverter untuk mengisi daya jika bepergian dengan mobil pribadi.

#5. Bersikap ramah terhadap keamanan bandara

Salah satu yang mungkin jadi hambatan saat bepergian dengan drone adalah ketika berhadapan dengan petugas keamanan bandara. Bersikaplah sopan, dan proaktif untuk menunjukkan kepada mereka drone dan baterainya saat melewati penyaringan, serta jawab setiap pertanyaan yang diajukan.

#6. Bersikap ramah terhadap orang yang menonton

Traveling dengan bawa drone akan menarik perhatian khalayak, setidaknya untuk saat ini. Mereka ingin menyaksikan bagaimana drone itu beraksi.

Nah, jadikan momen ini untuk berdialog dengan mereka yang menonton. Sempatkan berkata ‘hai’ atau ‘halo’ pada mereka. Tawarkan pula untuk mengambil foto atau video mereka. Sepertinya sepele, tapi setidaknya anda akan punya ‘teman’ baru di tempat tersebut.

#7. Menghindari keramaian

Peraturan di banyak negara umumnya melarang drone terbang di atas orang lain. Konsekuensinya Anda harus menghindari terbang di atas tempat-tempat di mana orang banyak berkumpul. Tindakan ini selain menghormati privasi orang lain, juga diangggap lebih sopan. Apalagi terbang diatas kerumunan orang dapat menimbulkan cedera jika drone terjatuh secara tiba-tiba.

#8. Buat rencana terbang

Sebelum membawa drone ke tempat baru, sangat dianjurkan untuk membuat rencana penerbangan. Selain akan membuat pekerjaan jadi lebih efisien, juga mengurangi kemungkinan drone menabrak objek tertentu disekitar lokasi.

Catat benda-benda besar, pohon, jaringan listrik atau bangunan dan pastikan untuk menjauhi mereka. Aplikasi Google Earth dan Photopills (Android / iOS) sangat bagus untuk membuat rencana penerbangan.

#9. Membawa peralatan dan baling-baling cadangan

Sering terjadi drone menabrak objek benda keras secara tidak terduga, seperti tiang, kabel listrik/telepon, pohon, bangunan dll. Biasanya yang gampang mengalami kerusakan adalah baling-baling. Karena itu dianjurkan untuk membawa cadangan baling-baling dan membawa peralatan untuk perbaikan dasar.

Baca juga : 9 Tips Aman Menerbangkan Drone : Apa Yang Perlu Dilakukan dan Apa Yang Perlu Dihindari

#10. Berhati-hati dengan hewan dan satwa liar

Hewan dan satwa liar seperti anjing dan burung mungkin tidak suka drone karena suaranya bising dan bikin stress. Burung yang lebih besar seperti burung camar, mungkin akan mencoba menyerang drone jika jaraknya terlalu dekat. Pastikan untuk menjaga jarak yang aman dari hewan tersebut.

0 Response to "10 Tips Bepergian (Traveling) Dengan Membawa Drone"

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *