Jenis-jenis Drone, Mana Yang Cocok Buat Kamu ?


Drone atau UAV (Unmanned Aerial Vehicle) alias pesawat tanpa awak adalah perangkat yang dirancang untuk mampu terbang di udara tanpa pilot. Pergerakan drone sebagian besar terutama dikendalikan oleh remote control, sedangkan sebagian lain yang sangat canggih dioperasikan langsung dengan komputer.

Ada begitu banyak jenis drone di dunia. Dan penggunaannya juga sangat beragam sehingga cukup sulit untuk mengklasifikasikannya. Ukuran dan desain drone bervariasi tergantung pada kebutuhan atau penerapannya.

Jenis-jenis drone

Awalnya teknologi drone banyak digunakan untuk tujuan militer. Karena drone akan memudahkan bidang yang terkait dengan kontrol dan pengawasan. Tempat-tempat yang tidak dapat dijangkau manusia dapat dengan mudah dipantau oleh drone. Drone atau UAV juga lebih mampu meng-capture foto-foto di lokasi berbahaya atau genting.

Dalam bahasan ini, jenis-jenis drone akan dikategorisasikan menjadi 4 bagian berdasarkan : jumlah baling-baling, ukuran, jangkauan terbang dan peralatan yang dibawa.

Jenis-jenis drone menurut jumlah propeller

Dilihat dari jumlah baling-balingnya (propeller) maka drone dapat dibagi menjadi :

#1. Single Rotor Drone
#2. Tricopter
#3. Quadcopter
#4. Hexacopter
#5. Octocopter

Ada juga jenis drone tanpa rotor yang disebut dengan Fixed Wing Drone.

Fixed Wing Drone sama sekali berbeda dari semua unit di atas. Drone ini memiliki sayap dan tampak seperti pesawat tradisional.

Sebagian besar desain drone yang tersedia di pasar adalah quadcopters karena mereka mampu mengangkat beban besar tanpa penyesuaian teknik tambahan. Quadcopter termasuk jenis drone yang harganya paling terjangkau.


Jenis-jenis drone menurut ukuran 

#1. Drone mikro / nano

Ukurannya berkisar dari seukuran serangga hingga 50 cm. Biasanya digunakan untuk memata-matai. Termasuk dalam kategori ini adalah: Drone Mini dan Nano / Micro Drones. Drone nano banyak digunakan karena ukurannya yang kecil dan bobotnya ringan.

#2. Drone kecil

Ukurannya antara 50 cm hingga 2 m. Sebagian besar model drone ini dirancang dengan konstruksi tipe sayap tetap, sedangkan beberapa dapat memiliki sayap putar.

#3. Drone ukuran sedang

Kategori drone ini menyajikan unit yang lebih berat tetapi lebih ringan dan lebih kecil daripada pesawat. Drone ini dapat membawa berat hingga 200 Kg dan memiliki kapasitas terbang rata-rata 5 hingga 10 menit.

#4. Drone besar

Drone besar berukuran seperti pesawat dan sering digunakan untuk kepentingan militer. Tempat-tempat yang tidak mungkin dijelajahi oleh pesawat normal biasanya dikirim drone ini.

Jenis drone menurut peralatan yang dibawa 

#1. Drone kamera

Sebagian besar pecinta action camera dan fotografer suka membeli drone yang dilengkapi dengan kamera untuk menangkap bidikan di lokasi yang sulit. Industri film memanfaatkan drone kamera untuk cuplikan film. Dalam beberapa bulan terakhir, drone ini telah mengalami penurunan harga yang sangat besar sehingga lebih banyak pembeli yang tertarik membeli. Harga drone kamera berkisar antara $100 hingga $1000.

#2. Drone FPV

FPV adalah singkatan dari First Person Viewing – ini aplikasi drone yang sangat umum yang cukup mampu merekam hal-hal secara real time. Dapat dikendalikan dengan bantuan monitor portabel. Drone ini biasanya digunakan dalam industri film atau untuk kebutuhan pemotretan.

#3. Drone GPS

Unit drone GPS semakin populer karena mereka mampu mengumpulkan informasi di lokasi mana saja. Anda dapat mengirim drone ini untuk merekam adegan di lokasi apa pun karena mereka sangat stabil dan dapat menyelesaikan tugas dengan baik. Yang paling menarik dari drone GPS adalah mereka mampu mengingat lokasi pemotretan terakhir dan dapat dikirim lagi ke posisi yang sama untuk pemotretan berikutnya.

#4. Drone Stabilizer

Teknologi gyroscope banyak dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan terbang drone. Perangkat ini dapat mengikuti instruksi secara instan dan berguna untuk semua kebutuhan pemotretan. Mekanisme central flight control-nya membantu pengguna untuk menikmati opsi navigasi yang mudah sehingga detail rekaman yang ditargetkan dapat dikumpulkan.

Baca juga : 9 Tips Aman Menerbangkan Drone, Apa Yang Perlu Dilakukan dan Apa Yang Perlu Dihindari

Selain jenis-jenis drone diatas, ada juga yang mengklasifikasikan drone berdasarkan daya jangkauan terbangnya yaitu : Very Close Range Drones, Close Range Drones, Short Range Drones, Mid Range Drones, dan tipe Endurance.

0 Response to "Jenis-jenis Drone, Mana Yang Cocok Buat Kamu ?"

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *