9 Tips Aman Menerbangkan Drone : Apa Yang Perlu Dilakukan dan Apa Yang Perlu Dihindari


Drone atau pesawat tak berawak pada umumnya, semula digunakan untuk kepentingan militer. Tapi seiring berjalannya waktu drone juga digunakan untuk urusan bisnis dan hobi. Situs belanja Amazon sudah mengembangkan drone untuk mengirimkan barang ke para pelanggannya. Demikian pula stasiun televisi banyak menggunakan drone untuk meliput sejumlah peristiwa penting.

Tips aman menerbangkan drone

Di masyarakat ada beberapa komunitas yang menghimpun orang-orang yang memiliki hobi sama yaitu menerbangkan drone. Munculnya drone murah juga membuat pesawat tak berawak ini lebih terjangkau untuk orang-orang yang sebelumnya tidak mampu membeli quadcopter tersebut.

Biasanya semakin banyak orang yang terlibat dengan suatu hal maka kemungkinan kecelakaan juga semakin banyak. 

Jika Anda punya minat atau hobi menerbangkan drone, setidaknya Anda perlu membekali diri dengan pengetahuan dasar seputar bagaimana cara menerbangkan drone yang aman. Apa yang perlu dilakukan dan apa yang perlu dihindari. Semua itu agar Anda, orang lain, dan drone itu sendiri terhindar dari kecelakaan.

Tips aman menerbangkan drone

Nah berikut ini 9 tips keselamatan untuk membantu Anda menerbangkan drone yang lebih aman sebagaimana dilansir Lifewire. Bukan cuma aman untuk diri sendiri tapi juga untuk orang lain di sekitar Anda.

Hal yang perlu dilakukan saat menerbangkan drone :

#1. Terbang dalam cuaca yang baik

Mengoperasikan drone pada saat kondisi cuaca yang baik akan meminimalkan munculnya masalah. Cuaca yang ideal bukan hanya membuat Anda mampu menerbangkan drone dengan lebih baik tetapi juga mampu mengikuti track-nya di udara. Cuaca yang baik untuk drone tidak terbatas pada langit cerah dan tidak hujan, tapi juga faktor angin.

#2. Amati garis pandang

Anda pasti ingin selalu berada dalam posisi visual yang dapat menjangkau drone. Sehingga Anda tahu di mana drone setiap saat dan tidak perlu berlari-lari mengejarnya.

#3. Hindari bandara

Drone dan kawasan bandara jelas bukan pasangan yang ideal. Bahkan, beberapa aplikasi drone mencantumkan bandara sebagai zona larangan terbang mereka. Jika pesawat terbang menabrak burung mungkin itu tak dapat dihindari, tetapi kecelakaan pesawat yang melibatkan drone seharusnya tidak terjadi. Ada satu peristiwa pada awal 2016, seorang pilot Air France harus beralih dari autopilot ke kontrol penerbangan manual untuk menghindari drone di Bandar Udara Charles de Gaulle di Paris.

#4. Waspadai gangguan

Saat terbang di bawah jembatan di Taiwan, satu sambungan pilot drone terjatuh dan memicu fungsi " return to home" untuk drone-nya. Celakanya, fitur tersebut membuat drone terbang lurus ke atas dan menabrak bagian bawah jembatan, kemudian tercebur ke perairan di bawah.

Pesan yang ingin disampaikan adalah seorang pilot drone harus waspada terhadap segala sumber gangguan baik fisik maupun elektromagnetik, yang dapat mempengaruhi pengendalian pada pesawat tak berawak tersebut.


Hal-hal yang perlu dihindari saat menerbangkan drone :

#5. Jangan terbang di atas orang

Seorang pemain ski terkenal Marcel Hirscher hampir saja tertabrak oleh drone yang penuh peralatan. Drone tersebut seperti jatuh dari langit. Jika itu terjadi hanya dua detik sebelumnya, Hirscher pasti telah terluka parah dan bahkan mungkin terbunuh.

Ada juga insiden drone yang ditembak oleh orang yang sedang berburu. Ingat, tidak semua orang adalah penggemar drone. Bisa jadi mereka terganggu jika ada drone terbang diatasnya.

#6. Jangan terbang di atas rumah orang lain

Jangan sekali-kali menerbangkan drone di atas rumah orang lain, kecuali jika Anda punya izin atau alasan yang sangat kuat untuk melakukannya. Terbang diatas rumah orang lain bisa dianggap memata-matai, terutama jika membawa kamera, dan dapat menimbulkan konflik.

Beberapa orang diketahui melempar batu ke arah drone, sementara yang lain malah menggunakan senapan untuk menembaknya jatuh.

Bahkan jika drone Anda kebetulan jatuh dengan sendirinya dan itu melukai anak atau hewan peliharaan, maka dapat dikenai hukuman perdata atau pidana.

#7. Jangan terbang di atas 400 kaki

Semakin tinggi drone terbang, semakin mungkin Anda mulai berurusan dengan pesawat terbang atau gantole. Jika ada pesawat terbang, gantole, parasut terjun payung dll terbang di sekitar lokasi, pastikan Anda menghentikan drone, sebab mereka tidak selalu dapat melihat pesawat tak berawak Anda.

#8. Jangan terbang di atas jalan

Tips ini terutama berlaku untuk jalan-jalan sibuk seperti jalan raya, jalan utama atau jalan tol. Bayangkan jika sebuah drone terbang diatas jalan tol yang sibuk lalu terjatuh, maka dapat menyebabkan kecelakaan besar.

#9. Jangan terbang di atas pangkalan militer

Otoritas militer pasti tidak mentolerir sebuah drone tak dikenal terbang di atas kawasannya. Pada 2017, Departemen Pertahanan AS memberi wewenang kepada pemimpin militer untuk menembak jatuh pesawat tak berawak yang terbang diatas sejumlah pangkalan pertahanan dan instalasi militer terkait.

0 Response to "9 Tips Aman Menerbangkan Drone : Apa Yang Perlu Dilakukan dan Apa Yang Perlu Dihindari "

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *