Fitur Smartwatch Yang Direkomendasikan, Baca Ini Sebelum Beli


Jika kita membaca review sebuah smartwatch maka kita akan dibanjiri dengan informasi tentang seabrek spesifikasi atau fitur smartwatch yang bersangkutan. Pertanyaannya apakah semua fitur itu penting dan diperlukan ?

Beberapa fitur smartwatch memang ada yang sangat penting, namun beberapa fitur lainnya sifatnya adalah opsional, dalam arti diperlukan dalam kondisi tertentu saja.

Rekomendasi fitur smartwatch

Kami mencoba menyeleksi fitur smartwatch mana yang sangat penting (harus ada), fitur mana yang sebaiknya dimiliki, dan mana yang hanya pertimbangan tambahan.

Fitur smartwatch yang penting dan perlu dimiliki 

Disebut penting karena fitur ini menjadi pembeda antara smartwatch (jam pintar) dengan jam tradisional yang “sedikit canggih”. Jadi fitur smartwatch ini sifatnya adalah the must have features.

#1. Layar sentuh

Jam tangan pintar harusnya memiliki layar sentuh (touch screen) yang dapat digunakan untuk berinteraksi. Seperti membuka aplikasi, mengetik pesan teks, atau buka-tutup notifikasi.

Di sisi lain kita mengenal smartwatch hibrida, yang modelnya seperti jam tangan tradisional (tanpa layar sentuh), yang akan bergetar atau memberi flash lampu kecil ketika ada notifikasi masuk.

#2. Bluetooth 

Bluetooth merupakan fitur yang fungsinya agar smartwatch dapat berkomunikasi dengan ponsel cerdas Anda. Ini juga fitur wajib untuk sebuah smartwatch.

#3. WiFi  

Fitur WiFi berguna untuk meminimalisir agar smartwatch tidak menguras paket data (kuota) Anda. Jam tangan pintar akan dapat terhubung ke ponsel Anda, di mana ponsel Anda berada, asalkan kedua perangkat terhubung ke jaringan.


#4. Aplikasi 

Aplikasi smartwatch yang tersedia bergantung pada OS masing-masing. Playstore untuk Android Wear, Apple, dan Samsung memiliki berbagai aplikasi populer untuk dipilih, meskipun tidak semua aplikasi tersedia di setiap platform.

#5. Umur baterai (battery life)

Kebanyakan orang suka dengan jam pintar yang ramping, namun jam yang ramping cenderung memiliki kapasitas baterai yang kecil dan kurang bertenaga. Seberapa lama baterai smartwatch bertahan sebagian bergantung pada seberapa banyak Anda menggunakan jam pintar tersebut. Tapi dengan penggunaan rata-rata, setidaknya baterai tersebut harus mampu bertahan satu hari sebelum perlu diisi ulang.

Baca juga : 6 Cara Menghemat Baterai Pada Smartwatch Android

Fitur smartwatch yang sebaiknya dimiliki 

Beberapa fitur akan membuat jam pintar jadi lebih serbaguna, meskipun tanpa ini pun hakekatnya smartwatch tersebut sudah berfungsi dengan baik. Jika smartwatch anda memilikinya maka itu adalah sebuah poin ekstra.

#1. Speaker

Jam tangan yang dilengkapi speaker akan mengeluarkan bunyi "ping" jika ada notifikasi baru. Jadi Anda punya tambahan opsi berupa suara / bunyi, disamping opsi standar berupa getaran (vibrate).

Anda juga dapat melakukan percakapan tanpa mengambil ponsel dari saku, meskipun mungkin speaker tersebut tidak dapat digunakan untuk mendengarkan musik.

#2. Mikrofon

Melalui mikrofon Anda dapat menjalankan kegiatan pada percakapan telepon itu.

#3. Tahan air

Sebagian smartwatch ada yang mampu bertahan hingga kedalaman 1 meter tanpa kerusakan (rating IP67), atau bahkan lebih. Meskipun perlu dijelaskan apakah ini berarti sekedar tercelup cepat dalam bak air, atau terendam untuk waktu yang lama seperti dibawa berenang.

Baca juga : Ini Dia 5 Smartwatch Yang Paling Kedap Air (Water Resistant)

#4. Monitor detak jantung (heart rate monitor)

Fitur monitor detak jantung pada smartwatch berguna untuk melacak kebugaran si pemakai. Meskipun mungkin dari segi akurasi, heart rate monitor pada smartwatch kurang begitu akurat.

#5. Band yang dapat diganti

Mengganti tali jam tangan (band) adalah cara sederhana untuk menciptakan tampilan yang berbeda. Selain itu juga untuk mencegah agar tali jam terbaik Anda tidak rusak jika smartwatch tersebut dibawa berolahraga. Beberapa smartwatch memerlukan alat khusus untuk mengganti band / talinya. Tapi sebagian besar cukup melalui alat bantu pin kecil yang mudah diakses untuk mengganti tali jam tangan pintar Anda.

Pertimbangan tambahan sebelum beli smartwatch 

Pertimbangan tambahan disini tak ada hubungannya dengan kelebihan atau kekurangan smartwatch, tapi lebih ke soal pilihan / preferensi pribadi, juga tidak ada kaitannya dengan fungsi.

#1. Bentuk layar. Ada dua bentuk layar yang paling umum yaitu persegi (square) dan bundar (circular)

#2. Tampilan jam. Setiap jam pintar punya beberapa pilihan tampilan, baik tampilan default,  maupun yang dapat dipersonalisasi sesuai keinginan.

#3. Navigasi. Selain fitur layar sentuh, jam pintar biasanya juga dilengkapi dengan navigasi tambahan berupa tombol dan / atau bezel yang dapat diputar.

#4. Pengisian daya (charging)

Ada 4 metode charging pada smartwatch yaitu : tombol nirkabel, dock, nirkabel tegak, dan plug in.

#5. Penyimpanan (storage). Sebagian besar smartwatch memiliki kapasitas penyimpanan yang hampir sama (perbedaannya tidak signifikan). Kapasitas yang lebih besar berarti dapat menampung lebih banyak aplikasi.

Itulah beberapa fitur smartwatch yang direkomendasikan. Baik fitur yang harus ada, yang sebaiknya ada maupun fitur lainnya yang sifatnya tambahan. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Fitur Smartwatch Yang Direkomendasikan, Baca Ini Sebelum Beli"

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *