Perbedaan Antara Kamera DSLR dan Mirrorless


Kamera DSLR dan kamera Mirrorless (MILC) adalah dua jenis kamera digital yang populer dalam dunia fotografi. Masing-masing kamera punya kelebihan dan kekurangan. Artikel pendek ini akan mencoba untuk mengulas soal basic design keduanya, kelebihan dan kekurangannya, persamaan dan perbedaan antara kamera DSLR dan kamera Mirrorless.

Perbedaan antara kamera DSLR dan Mirrorless

Perbedaan kamera DSLR vs Mirrorless

#1. Kamera DSLR

DSLR adalah singkatan digital single lens reflex (refleks lensa tunggal digital). Kamera DSLR merupakan jenis kamera digital yang canggih. Kamera digital sendiri dapat diartikan sebagai perangkat yang menggunakan matriks komponen elektronik yang peka cahaya sebagai pelat sensor untuk menangkap gambar.

Teknologi sensor, seperti CMOS (complementary metal oxide semiconductor) dan CCD (charged coupled devices), digunakan dalam kamera DSLR. Data yang diperoleh lalu diubah menjadi pola binary bit, dan disimpan dalam kartu memori kamera.

Format penyimpanan gambarnya ada dua macam. Yang pertama, gambar dikompresi dulu sebelum menyimpan. Misalnya format JPEG, GIF, dan TIFF adalah format kompresi. Yang kedua, format RAW yg merekam gambar apa adanya, sehingga kualitasnya sangat bagus namun boros tempat. Sehingga foto yang dapat disimpan di kartu memori jumlahnya lebih sedikit.

Kamera DSLR menggunakan body dan lensa yang terpisah, yang harganya terbilang mahal dibandingkan dengan kamera digital jenis point and shoot. Lensa pada DSLR ini berkualitas tinggi dan memiliki pembukaan lensa yang sangat besar daripada kamera biasa. Sehingga, tingkat ketajaman gambar yang dihasilkan juga sangat tinggi.

Baik lensa maupun body kamera DSLR punya kontrol manual dan otomatis atas foto, mulai dari white balance hingga titik fokus. Biasanya ukuran kamera DSLR lebih besar daripada kamera Mirrorless.

#2. Kamera Mirrorless (MILC)

MILC adalah singkatan dari mirror-less interchangeable lens camera atau sering disebut kamera mirrorless saja. Kamera Mirror-less adalah jenis kamera baru, ukurannya ada di antara ukuran kamera saku digital dan kamera DSLR.

Pada DSLR, sistem pemfokusan TTL (through the lens) menggunakan cahaya yang masuk dari lensa untuk memfokuskan gambar. Proses ini melibatkan cermin, yang memantulkan cahaya ke penta-prisma lalu dipantulkan ke jendela bidik (view finder) kamera.

Pada kamera Mirrorless tidak ada cermin seperti pada DSLR. Kamera mirrorless memang dirancang untuk memiliki sensor besar tapi body-nya kecil. Sensor kamera MIL hampir sama dengan yang ada pada DSLR. Namun, sistem pemfokusan TTL dan cerminnya dihapus. Dengan demikian kamera mirrorless tidak punya jendela bidik.

Kamera Mirrorless bahkan terlihat seperti kamera digital kompak dengan sensor dan lensa besar. Ide awal kamera MILC adalah untuk mendapatkan kualitas foto sekelas kamera DSLR namun dengan ukuran kamera yang lebih kompak dan ringkas.

Pada kamera mirrorless fungsi jendela view finder digantikan oleh layar LCD. Konsekuensinya baterainya lebih boros karena LCD-nya selalu aktif.

Baca juga : Perbedaan Antara Kamera SLR dan DSLR

Jadi kesimpulannya, perbedaan antara kamera Mirrorless dan kamera DSLR yaitu :

• Kamera DSLR memiliki jendela view finder TTL, sedangkan kamera Mirrorless jendela bidiknya berupa layar LCD.

• Sistem pemfokusan kamera Mirrorless didasarkan pada deteksi kontras, sedangkan sistem pemfokusan kamera DSLR didasarkan pada pendeteksi fase yang lebih akurat dan canggih.

• Biasanya ukuran DSLR lebih besar daripada Mirrorless.

Video perbandingan kamera DSLR vs Mirrorless di Youtube



0 Response to "Perbedaan Antara Kamera DSLR dan Mirrorless"

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *