Perbedaan Antara Mp3 dan Mp4


MP3 dan MP4 adalah dua format file media yang berbeda. Meskipun sepertinya ada keterkaitan dan orang mungkin menyangka bahwa MP4 adalah generasi baru MP3, namun keduanya merupakan dua teknologi berbeda dengan kegunaan berbeda pula.

Perbedaan antara Mp3 dan Mp4 yang utama yaitu : Mp3 (singkatan dari MPEG-1 Audio Layer 3) adalah format encoding yang dipatenkan untuk audio digital. File MP3 merupakan data kompresi yang menggunakan pengaturan 128 kbit/s dan menghasilkan file berukuran sekitar 1/11 dari data aslinya.

Sedangkan MP4 (atau MPEG-4 Part 14) adalah format kontainer, yang dapat digunakan untuk menyimpan data audio dan/atau video. File MP4 juga dapat di-streaming melalui internet.

Perbedaan Mp3 dan Mp4

Perbedaan antara Mp3 dan Mp4

#1. Mp3

MP3 menggunakan teknik kompresi lossy untuk mengurangi ukuran file audio yang asli. File audio yang tidak terkompresi ukurannya besar dan membutuhkan banyak space. Sebab suara / bunyi itu sangat kompleks dan dan menerjemahkannya ke dalam format digital akan menguras banyak data.

MP3 mengompres data ini menggunakan pengaturan 128 kbit / s yang menghasilkan file berukuran sekitar 1/11 dari data asli. File MP3 dapat dibuat dengan bit rate yang lebih tinggi atau lebih rendah, dengan kualitas yang sama lebih tinggi atau lebih rendah.

Sejauh ini MP3 telah menjadi salah satu format audio yang paling umum digunakan dan telah menjadi standar untuk file audio. Sebagian besar pemutar audio digital menggunakan format MP3 sebagai standar kompresi audio digital untuk transfer dan playback musik.

#2. Mp4

Pada sisi lain, MP4 didasarkan pada jenis file MOV Apple. Yaitu MPEG-4 Part 14 yang merupakan format MP4. MP4 merupakan format kontainer (wadah). Artinya Mp4 dapat digunakan untuk menyimpan data audio dan / atau video. File MP4 juga dapat di-streaming melalui internet.

Karena MP4 adalah format kontainer, maka ia tidak memiliki metode standar pengkodean untuk informasi audio atau video. Sebaliknya ia menggunakan codec yang menentukan bagaimana suatu audio atau video akan dikodekan. Codec yang paling populer untuk mengompresi audio dalam format MP4 adalah Advanced Audio Coding (AAC).

Format MP4 sejauh ini terus meningkat popularitasnya. Bahkan situs berbagi video Youtube pun menggunakan ekstensi Mp4 (selain MKV) sebagai format file standar pada setiap video yang mereka sediakan. 

Rangkuman

Jadi, MP3 adalah format kompresi audio yang digunakan untuk mengkompres atau memampatkan audio lalu menyimpannya di komputer.

Sedangkan MP4 adalah format kontainer (wadah) yang dapat digunakan untuk menyimpan file audio, video ataupun teks / subtitle. Sebagai wadah, MP4 dapat digunakan untuk menyimpan file audio dan video yang telah dikompresi dalam bentuk berbeda, termasuk MP3.

MP3 player biasanya tidak dapat memutar file MP4 dan begitu sebaliknya. Namun, sekarang di pasaran ada banyak portabel player dan software yang dapat memainkan keduanya, seperti VLC player, Winamp, dll.

0 Response to "Perbedaan Antara Mp3 dan Mp4 "

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *