Perbedaan Antara Kamera SLR dan DSLR


SLR dan DSLR adalah dua jenis kamera berbeda yang ada di era modern. Kamera itu sendiri secara umum merupakan perangkat penting yang dapat membantu kita mengabadikan satu moment atau peristiwa dalam bentuk foto.

Seiring berjalannya waktu, teknologi kamera telah berkembang atau beralih dari film ke kamera digital. SLR dan DSLR adalah dua dari jenis kamera modern yang banyak menjadi acuan. Dan kamera pemotret ini telah digunakan orang selama beberapa dekade.

Perbedaan kamera SLR dan DSLR

Perbedaan kamera SLR vs DSLR

Nah apa perbedaan antara SLR vs DSLR camera ? Mari kita lihat lebih detail.

#1. Kamera SLR

SLR adalah singkatan dari single lens reflex (refleks lensa tunggal) dan DSLR singkatan dari digital single lens reflex (refleks lensa tunggal digital).

Kamera SLR muncul karena dulu ada masalah dalam dunia fotografi dimana hasil cetak foto yang sesungguhnya selalu sedikit berbeda dengan apa yang dilihat fotografer di jendela view finder. Kamera jaman dulu beroperasi dengan menggunakan dua jalur cahaya. Yang satu menuju ke ke lensa, dan satu lagi ke jendela bidik. Sehingga ada sedikit perbedaan antara apa yang dilihat dengan foto aktual yang nanti dicetak.

Kamera SLR memperbaiki masalah ini dengan memungkinkan fotografer melihat obyek foto melalui lensa. Pada kamera SLR, antara lensa dengan view finder-nya menyatu, sehingga akan mendapatkan hasil cetak foto yang sama persis dengan apa yang dilihat (what you see is what you get). Setelah fotografer puas dengan apa yang terlihat, maka ia tinggal menekan tombol rana yang menyebabkan cahaya mengenai film di belakang lensa.

Hasil bidikan kamera SLR disimpan pada media flm dengan format 35 mm. Satu roll film pada SLR dapat menyimpan hingga 36 foto.

Karena kelebihannya tersebut, kamera SLR banyak dipilih oleh fotografer untuk mendapatkan hasil foto terbaik.

#2. Kamera DSLR

Kamera DSLR pada dasarnya adalah versi digital dari kamera SLR. Pada DSLR memungkinkan hasil gambarnya disimpan bukan pada media film, melainkan pada media digital yaitu kartu memori. Ukuran kartu memori yang lazim digunakan adalah 8GB, 16GB atau 32GB. Satu memory card dapat menyimpan hingga ribuan foto.

Kamera DSLR memiliki sebagian besar fitur SLR plus keunggulan ini. Kamera DSLR terbaru bahkan memiliki beberapa fitur dan kontrol yang memungkinkan kualitas gambar lebih baik daripada SLR.

Dalam perkembangannya, kualitas sensor kamera maupun kapasitas penyimpanan kartu memori telah makin meningkat. Sehingga selain kualitas hasil gambarnya lebih baik, juga fotografer tidak perlu sering-sering ganti kartu memori.

Dewasa ini DSLR merupakan kamera favorite bagi para fotografer profesional.

Dibandingkan dengan kamera biasa, maka kamera SLR dan DSLR punya beberapa kelebihan, diantaranya :

• Maximum frame rate-nya lebih tinggi
• Auto fokus kamera lebih cepat
• Zoom control bisa manual
• Bisa menggunakan unit flash eksternal
• Rentang pengaturan kecepatan ISO yang lebih luas

Jika dirangkum maka kesimpulannya kurang lebih sebagai berikut :

• SLR dan DSLR adalah kamera zaman now yang jauh lebih unggul dari kamera point and shoot.
• SLR merupakan singkatan dari single lens reflex, sedangkan DSLR singkatan dari digital single lens reflex.
• DSLR menyimpan gambar pada kartu memori sementara SLR menggunakan media film untuk menyimpan gambar.

Baca juga : Perbedaan Antara Laptop dan Notebook

Agar lebih jelas, silakan simak video perbedaan kamera SLR dan DSLR di Youtube.



0 Response to "Perbedaan Antara Kamera SLR dan DSLR"

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *