Jenis-jenis Kamera Digital, Kelebihan dan Kekurangannya


Jika Anda punya hobby fotografi, maka saat ini di pasaran tersedia bermacam-macam kamera digital yang siap menyalurkan minat dan hobi Anda. Sayangnya harga kamera digital yang bagus seringkali tidak murah. Karena itu jangan sampai terjadi salah pilih kamera. Sebab jika itu terjadi, bisa-bisa budget melayang tapi kamera yang didapat tidak sesuai harapan.

Macam-macam kamera digital

Uraian singkat tentang jenis-jenis kamera digital serta kelebihan dan kekurangannya di bawah ini, semoga dapat membantu mereka yang sedang mencari kamera digital yang bagus dan tepat. Yuk, simak uraiannya.     

Jenis-jenis kamera digital

#1. Kamera kompak standar

Kamera ini sering disebut juga dengan kamera point and shoot, bentuknya kompak, ukurannya kecil, bobotnya ringan dan harganya murah. Dalam dunia fotografi, kamera standar termasul dalam kamera entry level.

Biasanya kamera ini full automated, tapi ada juga yang menawarkan opsi manual. Biasanya dilengkapi lensa zoom (4-10x) dan melipat ke dalam kamera, lampu kilat built-in, dan layar LCD di bagian belakang, dan tanpa jendela bidik.

Harga kamera standar relative murah (tergantung fitur dan merk). Fitur yang dibawa misalnya rekam video HD, stabilisasi gambar, konektivitas Wi-Fi (sehingga memungkinkan pengguna mengunggah foto secara langsung ke social media).

Kelebihan : harga murah, bobotnya ringan, portabilitas tinggi, cocok untuk penggunaan pribadi.

Kekurangan : pilihan pencahayaan (exposure) manualnya terbatas, gambar kurang berkualitas (sensornya yang sangat kecil), lensa tidak dapat diganti.

#2. Kamera kompak-zoom

Kamera ini sangat mirip dengan kamera digital standar, tapi biasanya dilengkapi lensa zoom yang lebih kuat (bisa sampai 30x). Body-nya cenderung lebih kuat, ukurannya lebih besar daripada kamera standar. Sebagian besar akan memiliki beberapa opsi pemaparan manual, serta otomatis, dan harganya sedikit lebih mahal. Biasanya dilengkapi fitur rekam video HD, GPS untuk geotagging otomatis. Jenis kamera digital ini cocok untuk Anda yang suka bepergian / travelling.

Kelebihan : harga cukup murah, cukup tangguh dengan zoom lebih kuat, bagus untuk travelling / penggunaan pribadi.

Kekurangan : kualitas foto kurang bagus untuk cetakan besar atau untuk professional, lensa tidak dapat diganti.

#3. Kamera adventure

Kamera adventure / petualangan, agak mirip dengan kompak, tetapi dirancang untuk lebih tangguh. Kamera jenis ini biasanya tahan air, tahan guncangan, dan bahkan tahan beku. Biasanya dilengkapi opsi eksposur manual terbatas, dan tipe zoom-nya lebih dekat ke compact standar (daripada compact zoom) yang ada di belakang kaca yang dikeraskan.

Kelebihan : body-nya tangguh ideal untuk kondisi ekstrim, cocok untuk penggunaan pribadi.

Kekurangan : pilihan zoom dan pencahayaan terbatas, bukaan sensornya kecil, kualitas foto kurang baik untuk cetakan besar atau professional, lensa tidak dapat diganti.

#4. Kamera advanced-compact

Kamera ini dirancang untuk fotografer yang lebih berpengalaman dan mereka yang mementingkan multifungsi, kualitas, dan fitur kreatif. Fitur yang tersedia misalnya mode eksposure manual,  pemfokusan manual, jendela bidik optikal, dan LED flash eksternal.

Jenis kamera ini merupakan pilihan yang baik bagi fotografer yang ingin lebih mengontrol foto-foto mereka. Walaupun harganya jauh lebih mahal daripada jenis kamera kompak lainnya. 

Kelebihan : kecil, kompak dan ringan dan masih relatif murah.

Kekurangan : fitur terbatas untuk fotografer yang lebih mahir, lensa tidak bisa diganti.

#5. Kamera smartphone

Penjualan smartphone yang booming banyak mempengaruhi dunia fotografi. Penggunaannya yang nyaman dan selalu siap digunakan tidak hanya membuat persaingan lebih keras, tetapi juga peluang yang lebih baik untuk menangkap momen-momen singkat dan langka.

Beberapa kamera smartphone kini mampu mengambil foto hingga 16 megapiksel, dan menawarkan kemampuan cahaya rendah yang hebat. Dengan fitur dan harga sangat bervariasi tergantung model dan merk smartphone.

Kelebihan : bobotnya ringan, ukuran kompak, selalu siap di tangan untuk membidik momen-momen pentint dan langka.

Kekurangan : kualitas gambar kurang baik untuk penggunaan high end atau professional, lensa tidak dapat diganti.

#6. Kamera Mirrorless 

Kamera mirrorless (tanpa cermin) lensanya dapat digonta-ganti, sehingga fotografer dapat mengatur obyek foto lebih leluasa daripada kamera saku standar. Kamera mirrorless memiliki sebagian besar fitur kamera SLR, tetapi bobotnya lebih ringan, ukurannya lebih kecil dan harga lebih murah.

Kamera ini merupakan opsi yang bagus untuk fotografer yang ingin mengendalikan hasil foto mereka, tetapi tidak ingin repot harus membawa kamera yang berat. Banyak fotografer profesional yang berinvestasi di kamera ini sebagai alternatif untuk kamera yang biasa mereka pakai.

Kelebihan : kualitas gambar bagus dengan fitur bagus, ringan, harga lebih murah daripada kamera DSLR.

Kekurangan : banyak yang berpendapat ini bukan kamera terbaik jika Anda ingin hasil foto dengan kualitas terbaik pula.

#7. Kamera DSLR

Sejak diperkenalkan di akhir tahun 90an, kamera DSLR telah menjadi pilihan bagi fotografer amatir maupun profesional. Kamera DSLR dirancang dengan dasar yang sama seperti pendahulunya yang berbasis film. DSLR menawarkan kualitas gambar yang luar biasa, lensanya dapat diganti-ganti, dan sejumlah kontrol kreatif.

Kebanyakan DLSR menggunakan ukuran sensor yang disebut APS-C, tetapi model yang paling tinggi memiliki sensor full-frame yang ukurannya sama dengan film 35mm.

Kelebihan : pilihan kamera terbaik untuk fotografer profesional, kualitas gambar sangat bagus, dan fitur kreatif. Lensa dapat diganti-ganti sesuai selera.

Kekurangan : bobotnya berat, ukuran besar dan harga sangat mahal.

Baca juga : Perbedaan Antara Kamera SLR dan DSLR

Untuk mendapatkan hasil foto yang bagus, banyak fotografer pemula yang beranggapan bahwa mereka perlu berinvestasi pada jenis kamera digital yang fiturnya lengkap (dan harganya mahal) sehingga kelak mereka tidak perlu ganti-ganti kamera lagi.

Untuk sebagian, anggapan seperti itu dapat dipahami. Namun jangan lupa bahwa kamera hanyalah alat saja. Kenyataannya, banyak elemen lain seperti komposisi, subjek pencahayaan, ketrampilan pengguna dll yang juga menentukan pada sukses tidaknya sebuah karya fotografi.

0 Response to "Jenis-jenis Kamera Digital, Kelebihan dan Kekurangannya"

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *