10 Pertimbangan Sebelum Membeli Jam Tangan Yang Bagus dan Berkualitas


Biasanya, yang pertama kali jadi pertimbangan saat orang membeli jam tangan adalah karena tertarik dengan bagian luarnya / eksterior. Setelah itu baru menaruh perhatian khusus pada detail dan mekanisme yang ada di bagian dalam jam tangan tersebut.

Pada sisi lain, pembuat jam tangan yang profesional akan merancang dan mengerjakan eksterior maupun interior jam tangan dengan secermat mungkin. Bagi mereka, rumit dan kompleksnya proses pembuatan akan menghasilkan jam tangan yang bagus dan berkualitas, yang akan membedakannya dari jam tangan biasa-biasa saja.

Jam tangan yang bagus merk Citizen

Nah bagi Anda sendiri, apa yang ada dipikiran saat ingin membeli jam tangan ? Apakah merk, design, harga, bahan material ataukah hal lain yang jadi pertimbangan ?

Jam tangan yang bagus dan berkualitas

Untuk mendapatkan jam tangan yang bagus dan berkualitas, dibawah ini diuraikan sekilas 10 pertimbangan sebelum membeli jam tangan.

#1. Merk jam tangan

Jam tangan yang anda inginkan sebaiknya berasal dari merk atau brand yang jelas. Karena merk jam tangan biasanya akan menentukan kualitas jam yang bersangkutan. Dan merk yang abal-abal kualitas produknya akan meragukan.

Sebagai contoh, saat ini masih banyak jam tangan yang mungkin punya design yang bagus, fashionable dan harganya miring. Namun fungsi-fungsinya tidak berjalan dengan baik. Jam yang demikian biasanya mereknya juga tidak jelas.

Saat beli jam tangan, pastikan fitur dan komponen utama yang ada pada jam tangan itu berfungsi dengan baik, seperti fitur tanggal, chronograph, komponen crown pemutar mesin, dan lain-lain.

#2. Bahan / material 

Jam tangan yang bagus konstruksinya harus kokoh dan kuat. Karena itu bahan material yang sering digunakan adalah metal atau logam, terutama stainless steel.

Metal yang digunakan haruslah logam padat, bukan logam campuran atau hollow. Cara membedakannya adalah dengan membandingkan bobot watch case maupun bracelet-nya. Logam padat bobotnya lebih berat dari logam campuran.

Jika terbuat dari material stainless steel, maka jenis stainless steel yang dipakai minimal 316L (standar). Untuk jam tangan mewah sekelas Rolex atau Patek Philippe biasanya menggunakan logam 904L yang kualitasnya lebih tinggi dan lebih padat.

#3. Jenis movement

Movement pada jam tangan ibarat jantung pada mahluk hidup. Movement adalah mesin yang menggerakkan jam tangan. Industri jam tangan sampai saat ini masih didominasi oleh Swiss dan Jepang. Jenis movement yang paling banyak digunakan adalah quartz movement, yang menggunakan baterai sebagai tenaga penggeraknya. Jam tangan dengan quartz movement banyak diproduksi secara massal.

Beberapa jenis brand movement yang terkenal antara lain adalah Ronda, dan ETA dari Swiss. Sedangkan dari Jepang antara lain Citizen atau Miyota, Casio dan Seiko.

#4. Harga 

Jam tangan yang bagus dan berkualitas harganya tidak fluktuatif alias naik-turun, tapi konsisten pada kisaran tertentu. Tidak ada gap pricing atau perbedaan harga yang mencolok.

Contoh jam tangan yang harganya konsisten adalah merk Casio. Baik yang dijual di retail resmi Casio, di toko jam tangan konvensional, maupun yang dijual di toko online. Harga jam tangan Casio relatif stabil dan jelas. Konsisten sepanjang waktu dan tidak ada gap pricing.

#5. Jenis kaca

Kaca jam tangan adalah bagian yang paling sering terkena benturan dengan benda lain.

Ada 3 jenis kaca yang sering digunakan oleh produsen jam tangan untuk produk mereka, yaitu mineral glass, sapphire crystal dan hardlex. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan.

Sapphire crystal adalah jenis kaca yang tidak mudah tergores dan awet. Permukaan kaca jam tangan selalu terlihat rapi dan baru. Kelemahannya adalah mudah pecah. Jam tangan yang menggunakan kaca sapphire crystal misalnya Seiko SBDX 014.

Mineral glass adalah jenis kaca yang mudah tergores. Bekas goresan yang halus sekalipun akan mudah terlihat. Kelebihan mineral glass adalah tidak mudah pecah bila terbentur dengan benda yang keras. Salah satu contoh jam tangan yang menggunakan mineral glass adalah seri Daniel Wellington.

Kaca jenis hardlex pertama kali dikembangkan oleh Seiko. Secara umum, hardlex adalah mineral glass yang sudah diproses lebih lanjut, sehingga punya tingkat kekerasan yang lebih tinggi dari mineral glass pada umumnya, namun masih dibawah sapphire crystal.

Dapat dikatakan hardlex adalah jenis kaca yang berada diantara mineral glass dan sapphire crystal. Jam tangan yang menggunakan kaca hardlex antara lain Seiko sbdx001.

Kaca sapphire cristal selalu identik dengan jam tangan mewah dan berkualitas, karena memang biayanya lebih tinggi dibandingkan dengan jenis kaca lainnya.

Baca juga : 6 Cara Membedakan Jam Tangan Asli dan Palsu

#6. Bobot 

Ada orang yang menyukai jam tangan yang bobotnya ringan dan ada juga orang yang suka jam tangan yang bobotnya berat.

Jam tangan yang bagus dan berkualitas biasanya , watch case dan braceletnya terasa berat. Sebab, bahan stainless steel yang baik berasal logam murni yang bobotnya lebih berat daripada logam campuran/hollow.

Bagi Anda yang menyukai jam tangan yang bobotnya ringan, sebaiknya memilih jam tangan dari bahan titanium. Jam tangan titanium harganya tidak murah, tapi kualitasnya bagus.

#7. Locking deployant

Locking deployant

Locking deployant clasp atau pengait berbentuk gigi terdapat pada jam tangan dengan metal bracelet. Bagian ini harus kokoh dan tidak ringkih. Komponen ini sangat penting karena sering dibuka-tutup setiap hari.

Pilih locking deployant yang pakai model double lock seperti gambar diatas. Pada model ini pengait jam tangan terdiri dari 2 bagian sehingga lebih kokoh, awet dan tahan lama.

#8. Logo jam tangan pada mahkota (crown)

Logo jam tangan pada crown

Crown adalah sekrup pemutar utama pada jam tangan. Bentuknya seperti mahkota. Logo jam tangan yang ada pada crown punya arti dan makna tersendiri. Sebab, tampilan crown dapat menjadi petunjuk apakah itu jam tangan original atau hanya replika. Pada jam tangan original biasanya logo pada crown terukir dengan sangat rapi. Para pembuat jam palsu biasanya tidak terlalu perhatian pada komponen mungil ini. 

#9. Luminasi

Luminasi - pencahayaan jam tangan pada malam hari

Luminasi (lumination) merupakan fitur penting dan menjadi standard jam tangan analog yang bagus. Fitur luminasi memungkinkan jam tangan menampilkan pencahayaan yang cukup saat berada di tempat yang gelap (lihat gambar diatas).

Efek lumination dihasilkan dari lapisan fosfor bewarna hijau yang dicoating pada angka dan jarum jam. Banyak pengguna jam tangan yang melupakan fitur ini. Padahal untuk jam tangan analog, fitur lumination sangat membantu jika jam tangan dipakai pada malam hari.

#10. Konstruksi jam tangan 

Pada jam tangan yang bagus semua komponennya terpasang sempurna sehingga nyaman digunakan. Coba periksa bagian lug atau lubang strap, apakah strap yang digunakan terpasang sempurna dengan body case dari jam tangan.

Untuk jam tangan yang menggunakan model bracelet dari stainless steel, pastikan buckle/clasp atau pengait jam tangan terpasang dengan kuat dan rapi.

0 Response to "10 Pertimbangan Sebelum Membeli Jam Tangan Yang Bagus dan Berkualitas"

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *