6 Cara Menghemat Baterai Pada Smartwatch Android


Jika Anda pengguna jam tangan pintar Android Wear, Anda mungkin paham bahwa baterai smartwatch ini umumnya tidak bertahan lama. Bisa sehari penuh sudah bagus. Apalagi jika Anda menggunakan smartwatch tersebut sepanjang waktu.

Nah bagaimana caranya agar baterai smartwatch bisa lebih hemat, sehingga masa pakai baterai jam tangan pintar Anda meningkat.

Cara menghemat baterai smartwatch

Cara menghemat baterai smartwatch 

#1. Blokir / kelola notifikasi aplikasi

Notifikasi dapat menguras baterai smartwatch. Beberapa notifikasi mungkin sangat penting agar Anda tetap terhubung dengan klien atau rekan kerja. Namun aplikasi juga dapat membebani smartwatch dengan banyaknya notifikasi, bahkan jadi sangat mengganggu.

Nah, Android Wear memberi solusi sederhana untuk dapat mengelola notifikasi. Fitur "Block app notifications” memungkinkan Anda untuk menambah atau menghapus aplikasi, sehingga memblokir pemberitahuan dari mereka.

Untuk mengelola aplikasi cukup lakukan :

• Jalankan aplikasi "Android Wear" di ponsel cerdas Anda.
• Klik pada pengaturan di kanan atas, di sebelah tiga titik kecil.
• Buka opsi " Block app notifications ".

#2. Nonaktifkan pengaturan brightness otomatis

Seperti gadget seluler lainnya, di smartwatch juga ada opsi untuk mengelola kecerahan layar secara otomatis sesuai dengan lingkungan. Fitur ini tidak terlalu berguna, selain itu opsi ini memakan daya cukup besar karena layar terus-menerus beradaptasi dengan lingkungan sekitar untuk menyesuaikan tingkat kecerahannya.

Untuk menonaktifkan automatic brightness cukup lakukan :

• Masuk ke menu aplikasi.
• Buka pengaturan jam pintar.
• Lalu pilih " Adjust Brightness ".

Silakan pilih intensitas kecerahan layar yang sesuai (antara level 1 sampai 5). Kami menyarankan untuk menonaktifkan opsi "Otomatis" .Jika Anda berada di lingkungan yang lebih gelap, Anda dapat dengan cepat menyesuaikan kecerahan layar dari bilah notifikasi. Caranya, tarik panel atas ke bawah dan gulir layar ke kanan, kemudian sesuaikan.

#3. Aktifkan mode Cinema / Theater

Seperti namanya, mode cinema atau theater akan menghentikan smartwatch agar tidak mengganggu Anda. Jam pintar akan masuk ke mode semi hibernasi yang mematikan layar dan hanya dapat dihidupkan lagi menggunakan tombol daya. Setelah jam dihidupkan, mode cinema secara otomatis tidak berjalan lagi.

Untuk mengaktifkan mode cinema, lakukan :

• Tarik panel dari atas ke bawah
• Klik pada ikon jam tangan.

Karena jam tangan akan mati selama periode hibernasi, maka baterai smartwatch akan lebih hemat. Mode cinema sangat berguna jika Anda mau nonton di bioskop, saat rapat/meeting atau jika Anda tidak ingin bolak-balik diganggu berbagai notifikasi.

Baca juga : 4 Cara Menggunakan Smartwatch Dengan Aman

#4. Batasi konektifitas

Membatasi layanan Wi-Fi, NFC, atau lokasi juga dapat menghemat baterai smartwatch. Singkatnya, cara ini akan memungkinkan Anda memoderasi waktu pencarian yang memakan daya setiap kali gadget tersebut mencari koneksi.

Untuk membatasi konektifitas, maka lakukan :

• Masuk ke menu aplikasi
• Buka pengaturan jam
• Pilih opsi pada menu konektivitas.

# 5. Matikan sinkronisasi Wi-Fi

Wi-Fi adalah fitur baru yang ditambahkan ke Android Wear 5.1 dan hanya tersedia pada jam tangan tertentu. Dengan terhubung melalui Wi-Fi, itu membuat aliran notifikasi masuk bahkan ketika smartwatch Anda tidak terhubung langsung ke ponsel melalui Bluetooth. Jadi matikan Wi-Fi supaya baterai smartwatch lebih hemat, kecuali Anda benar-benar membutuhkannya.

# 6. Monitor baterai Anda

Aplikasi Android Wear memiliki fitur bawaan yang dapat memberi tahu Anda aplikasi apa yang paling banyak menghabiskan daya baterai. Selain itu dapat dilihat berapa banyak daya terpakai dan perkiraan berapa lama waktu hingga baterai habis. Fitur ini dapat digunakan untuk menentukan apakah Anda perlu mencopot aplikasi yang boros baterai, serta memantau upaya penghematan baterai yang mungkin dilakukan.

0 Response to "6 Cara Menghemat Baterai Pada Smartwatch Android "

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *