4 Cara Menggunakan Smartwatch Dengan Aman


Smartwatch merupakan gadget canggih yang memiliki banyak kegunaan. Seperti dapat membantu melacak tingkat kebugaran, mengingatkan pengguna pada jadwal tertentu, sebagai petunjuk waktu dll. (Baca : Ini Untung-Rugi Menggunakan Smartwatch)

Ketika seseorang memutuskan untuk menggunakan sebuah smartwatch canggih dalam kesehariannya, maka yang bersangkutan mestinya juga paham soal cara menggunakan smartwatch tersebut dengan aman. Karena jika tidak, maka dapat merugikan pengguna yang bersangkutan.

Cara aman menggunakan smartwatch

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar Anda aman saat menggunakan smartwatch, sehingga jam tangan pintar yang Anda miliki terlindung dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Apa saja ? Simak ulasannya.

Cara aman menggunakan smartwatch

#1. Rutin meng-update software 

Setiap kali developer software mengeluarkan update terbaru untuk pengguna, pasti ada alasan mendasar di baliknya. Bisa jadi update dilakukan untuk meningkatkan kinerja aplikasi atau sistem operasi, namun mungkin juga untuk memperbaiki fungsi dan mengatasi celah keamanan yang berbahaya.

Jadi luangkan waktu sejenak untuk segera meng-update software jika ada notifikasi bahwa pembaruan terkininya telah muncul. Pengorbanan waktu Anda akan sangat berharga untuk menutup kemungkinan masuknya hacker jahat dari luar sana.

#2. Menjaga kerahasiaan informasi kesehatan  

Hacker bukan satu-satunya ancaman bagi pengguna jam tangan pintar. Bisa juga ancaman keamanan itu datang dari pihak lain. Misalnya jika Anda teledor dan tidak menjaga kerahasiaan data kesehatan Anda.


Sudah sangat lazim jika aplikasi yang banyak di install pada smartwatch adalah aplikasi yang berkaitan dengan kesehatan dan kebugaran.

Sebelum menginstall aplikasi kesehatan apapun, periksalah dulu pengaturan keamanannya. Pilih apa yang dapat dibagikan kepada publik. Begitupun, pertimbangkan untuk menggunakan nama alias untuk berjaga-jaga.

Bayangkan jika Anda punya masalah dengan kesehatan jantung, dan informasi kesehatan Anda itu diketahui oleh agen asuransi atau sales produk kesehatan tertentu. Sangat mungkin mereka akan gencar menawarkan produknya pada Anda atau keluarga Anda.

Sebaiknya kunci aplikasi smartwatch dengan password, sebagai antisipasi jika terjadi  hal-hal yang tidak diinginkan seperti hilang atau dicuri orang.

#3. Aktifkan pengaturan yang melindungi dari pencurian

Jika seseorang mencuri smartwatch anda, atau jam pintar tersebut hilang dan ditemukan oleh orang lain maka orang tersebut mungkin dapat mengakses perangkat anda tanpa hambatan.

Perusahaan pembuat Smartwatch sangat menyadari terhadap kemungkinan ini. Itulah mengapa banyak bisnis membuat pengaturan keamanan yang dimaksudkan untuk melindungi Anda jika terjadi aksi pencurian.

Contohnya fitur Apple’s Activation Lock – yang dapat meminimalisir terjadinya pencurian dan akan menolak perangkat Anda dipasangkan (paired) dengan smartphone manapun tanpa ijin dari pemilik aslinya.

Pada smartwatch lain nama fitur keamanannya mungkin berbeda, namun yang pasti Anda perlu mengaktifkan fitur ini demi keamanan Anda.

#4. Lindungi smartphone Anda

Keamanan smartwatch juga terkait erat dengan ponsel pintar Anda. Salah satu poin paling rentan adalah pada hubungan komunikasi antara smartwatch dan smartphone. Peretas tidak perlu menyusupi keduanya untuk mengendus data — mereka hanya butuh akses ke salah satu saja.

Cara termudah bagi orang lain untuk masuk ke ponsel pintar Anda adalah melalui aplikasi palsu. Ini paling banyak terjadi pada ponsel yang berbasis Android, tetapi bukan berarti ponsel berbasis iOS sepenuhnya aman.

Selalu teliti aplikasi yang dijual di Google Play Store atau App Store iOS. Periksa kredibilitas aplikasi tersebut sebelum Anda mengunduhnya.

0 Response to "4 Cara Menggunakan Smartwatch Dengan Aman"

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *