Cara Agar Baterai Jam Tangan Quartz Awet dan Mesin Jam Tidak Rusak


Berbeda dengan jam tangan mekanik, jam tangan quartz digerakkan dengan tenaga baterai. Jam quartz banyak disukai orang lantaran penggunaannya sangat praktis. Si pemakai tidak perlu repot berulang kali memutar crown agar mesin jam tetap hidup dan tidak mati.

Sebagai mana diketahui, pada jam tangan mekanik, kita harus mengatur ulang posisi jam dan tanggal jika jam tersebut mati karena tidak digunakan selama jangka waktu tertentu.

Agar baterai jam tangan quartz awet

Jam tangan quartz akan semakin praktis lagi jika di dalamnya terdapat fitur perpetual calendar. Yaitu sebuah fitur yang dapat menyesuaikan hari dan tanggal sesuai jumlah hari dalam satu bulan, misalnya berakhir pada tanggal 30 ataukah 31. Fitur perpetual calendar bahkan dapat menyesuaikan dengan tahun kabisat.

Selain praktis, harga jam tangan quartz juga tidak semahal jam tangan mekanis dan otomatis.

Namun demikian jam tangan quartz suatu saat akan kehabisan tenaga, dan baterainya harus segera diganti. Karena jika tidak diganti, maka akan mengeluarkan cairan tertentu yang dapat merusak mesin jam tangan.

Agar baterai jam tangan quartz awet dan mesinnya tidak rusak

Jika kita hanya punya satu jam tangan, maka baterai jam yang sudah habis tenaganya itu akan langsung diketahui dan bisa langsung diganti. Yang sial adalah jika matinya jam quartz baru diketahui setelah jangka waktu yang cukup lama, lantaran kita punya lebih dari satu jam tangan.

Bagaimana cara menghindarinya ?

Nah agar terhindar dari situasi dimana jam tangan mati tanpa diketahui, serta agar baterai jam tangan quartz awet dan mesinnya tidak rusak, maka jam tangan tersebut sebaiknya dimatikan mesinnya jika anda berencana tidak memakainya untuk jangka waktu cukup lama.

Caranya sangat mudah yaitu :  tarik crown hingga jarum detiknya berhenti. Jangan khawatir ada udara yang masuk lewat celah crown, karena crown dan stem umumnya didesain sedemikian rupa dan memiliki karet seal.

Selain itu jauhkan jam tangan dari zat cair dan kapur barus. Karena zat cair dapat menyebabkan karat sedangkan kapur barus dapat mengakibatkan karet seal menjadi rusak.

Boleh jadi cara mematikan jam nya berbeda-beda, tergantung merk. Tapi intinya sama yaitu mesinnya dimatikan untuk sementara waktu. Cukup mudah bukan ? Semoga jam quartz Anda awet dan tahan lama.

0 Response to "Cara Agar Baterai Jam Tangan Quartz Awet dan Mesin Jam Tidak Rusak"

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *