Jenis-jenis Tali Jam Tangan, Kelebihan Dan Kekurangannya


Tali jam tangan jangan dianggap enteng. Karena bagian ini merupakan “pengikat” antara body jam dengan pergelangan tangan kita. Selain itu tali jam akan sangat berpengaruh dari sisi fashion, serta pada nyaman dan tidaknya saat kita mengenakan jam di lengan.

Berdasarkan bahan pembuatannya kita mengenal beberapa jenis tali jam tangan yaitu : metal (stainless steel), kulit (leather), karet (rubber), kanvas (canvass), keramik, dll. Setiap jenis tali jam punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Nah berikut ini adalah jenis-jenis tali jam tangan serta kelebihan dan kekurangan masing-masing tali jam tangan tersebut :

#1. Metal / stainless steel

tali jam tangan dari metal - stainless steel

Bahan metal yang sering digunakan adalah : stainless steel, titanium, PVD, dan stainless steel berlapis emas. Gelang atau tali berbahan stainless steel, banyak digunakan pada merk jam terkenal. Tali jam dari stainless steel sangat fleksibel untuk digunakan pada acara resmi yang mewah maupun acara santai sehari-hari.

Dibandingkan dengan tali jam tangan lainnya, tali jam dari metal adalah yang paling keras dan paling tahan lama. Tidak mudah dirobek dan dipotong. Dan untuk mengencangkan dan melonggarkan tali, sudah ada slot micro adjustment.

Dari segi tampilan juga unik, karena material bahan dan warnanya bisa sama persis dengan casing jam itu sendiri.

Jam tangan dengan tali metal cocok mereka yang menginginkan jam tangan serbaguna. Karena bagus untuk dipakai pada acara resmi, dipakai ke kantor, ataupun untuk acara santai di akhir pekan.

Kelebihan : kuat dan tahan lama, tidak bereaksi dengan air, tidak mudah tergores, serbaguna, kesan formal elegan.

Kekurangan : bobotnya berat, susah untuk penyesuaian panjang pendeknya rantai / tali, jika dipendekkan sisa tali rantai sebaiknya disimpan jika sewaktu-waktu akan digunakan lagi.

#2. Kulit (leather)

Jenis tali jam tangan dari kulit

Tali kulit datang dalam berbagai tekstur dan jenis. Bahan dasar dari kulit hewan seperti ular, buaya, sapi dll. Selain itu ada juga dari kulit imitasi.

Tali jam tangan kulit yang bagus biasanya tebal, elastis, dan empuk. Bahan kulit akan membuat jam tangan terlihat lebih klasik dan menawan. Bobotnya ringan, dipakainya juga nyaman.

Tali jam tangan dari kulit cocok untuk mereka yang ingin meng-upgrade tampilan dan suka berganti warna jam tangan.

Kelebihan : bobotnya ringan, banyak pilihan warna, tidak merusak caseback, nyaman dipakai, kesan simple tapi elegan.

Kekurangan : jika sering terkena air atau keringat akan cepat bau, perlu perawatan khusus agar tali jam awet, untuk tali kulit yang langka harganya bisa sangat mahal.

#3. Karet (rubber)

tali jam tangan dari karet - rubber

Bahan dasar rubber (campuran antara plastic dan karet). Banyak digunakan pada jam tangan diver atau sporty. Sifat tali jam dari rubber adalah lentur dan lembut di pergelangan tangan. Tali pengikat ini dapat dipakai dimana saja : di darat ataupun dibawah air.

Jika kotor cara membersihkannya sederhana, yaitu cukup dibersihkan dengan air yang mengalir.

Tali jam tangan rubber cocok untuk mereka yang menyukai jam tangan serbaguna. Untuk dikenakan ke kantor (terutama yang hitam), santai di akhir pekan atau untuk jogging dll.

Tersedia dalam berbagai warna, bentuk dan desain. Selera Anda akan dimanjakan saat memilih tali jam tangan ini.

Kelebihan : bobotnya ringan, mudah untuk adjustment tali, tidak bereaksi dengan air, banyak pilihan warna, lebih awet daripada tali jam kulit, nyaman dipakai, kesan sporty.

Kekurangan : tampilannya tidak mewah, tidak cocok untuk acara formal, ada orang yang alergi dengan jam tali karet, jika tangan berkeringat akan terasa lengket di kulit.

#4. Kanvas (canvass)

tali jam tangan kanvas / canvass

Bahan dasar nylon. Banyak digunakan pada jam outdoor / jam tangan militer yang tangguh.

Kelebihan : kuat dan tidak tergores, bobotny ringan, pilihan warna banyak, nyaman dipakai, kesan military style.

Kekurangan : menyerap zat cair, perlu perawatan khusus.

#5. Keramik

Kelebihan : kuat dan tahan lama, anti gores, bobotnya ringan, tidak membuat iritasi pada kulit sensitif,

Kekurangan : harga mahal, hanya merk jam tertentu saja yang menggunakannya,

Baca juga : Ini 6 Kelebihan Jam Tangan Keramik, Apa Saja ?

Dalam perkembangannya teknologi pembuatan tali jam tangan berkembang sangat pesat. Sekarang ini kita bisa menyaksikan tali jam yang terbuat dari bamboo, kayu, bahkan menyertakan kain batik. Namun ketiganya belum menjadi mainstream. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Jenis-jenis Tali Jam Tangan, Kelebihan Dan Kekurangannya"

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *