5 Perbedaan Antara Kalkulator Scientific vs Kalkulator Grafik


Di pasaran saat ini, tersedia bermacam-macam kalkulator. Dua diantaranya yang paling populer adalah kalkulator scientific (ilmiah) dan kalkulator grafik.

Jika ingin mengetahui apakah kalkulator scientific ataukah kalkulator grafis yang cocok dengan kebutuhan, maka itu hanya bisa didapat jika Anda mengetahui perbedaan mendasar di antara keduanya.

Perbedaan kalkulator scientific vs grafik

Perbedaan kalkulator scientific vs grafik 

Di bawah ini ini, kami akan menguraikan secara singkat tentang 5 perbedaan utama antara kalkulator scientific dengan kalkulator grafik.

#1. Ukuran layar

Perbedaan yang paling kasat mata adalah ukuran layar. Kalkulator grafik memiliki layar yang lebih besar dibandingkan dengan kalkulator ilmiah. Pada kalkulator grafik, pengguna dapat melihat grafik fungsi secara akurat jika mereka memasukkan fungsinya.

Teknologi pada kalkulator grafik juga sedikit lebih kompleks daripada kalkulator ilmiah.

#2. Fungsi

Kalkulator scientific punya kemampuan untuk melakukan perhitungan lebih dari sekedar pembagian, perkalian, pengurangan, dan penambahan. Namun juga mampu melakukan fungsi seperti trigonometri, eksponen, dan logaritma.

Pada sisi lain, Anda dapat mengetikkan fungsi dan melihat grafiknya di kalkulator grafik. Selain itu, kalkulator grafik dapat memecahkan kalkulus dan hitungan matrik integral, yang tidak mungkin dengan kalkulator ilmiah.

#3. Harga Kalkulator 

Ada perbedaan harga yang cukup besar antara kedua jenis kalkulator ini. Harga kalkulator scientific lebih murah dibandingkan dengan kalkulator grafik. Perbedaan harga ini karena fitur dan fungsi kalkulator grafik jauh lebih maju. Itulah mengapa hanya para profesional yang menggunakan kalkulator mahal ini.

#4. Fitur lanjutan

Kalkulator grafik teknologinya jauh lebih maju daripada kalkulator ilmiah dan karena itulah harganya lebih mahal. Kalkulator grafis sering digunakan di kelas matematika tingkat lanjut, dan para professional seperti insinyur, arsitek. Sedangkan kalkulator ilmiah banyak digunakan oleh para pelajar dan mahasiswa.

#5. Kompatibilitas 

Kalkulator grafik terbaru dilengkapi dengan kemampuan menerima sinyal Wi-Fi, sehingga data dari perangkat lain seperti alat ukur meteorologi, alat ukur desibel, alat ukur cahaya, termometer elektrik, dan lain-lain dapat dihitung dan dievaluasi. Kemampuan kompatibilitas seperti ini tidak tersedia pada kalkulator ilmiah.

Baca juga : 4 Kalkulator Scientific Casio Yang Bagus, Kelebihan dan Kekurangannya

Cara memilih kalkulator yang tepat

Kalkulator mana yang paling tepat untuk Anda, grafik atau scientific ? Pertama-tama cek dulu kebutuhan Anda.

Jika Anda seorang pelajar, maka cari tahu tipe kalkulator mana yang boleh dipakai di kelas atau diverifikasi untuk ujian. Atas dasar itu, Anda bisa memilih salah satu di antara tipe grafik atau scientific. Umumnya, kalkulator scientific sudah cukup memadai untuk memenuhi kebutuhan pelajar / mahasiswa. Selain itu, kalkulator grafik sering dilarang digunakan di sekolah.

Di sisi lain, para professional yang ingin membeli kalkulator untuk tujuan bisnis harus mencari tahu jenis fungsi apa yang akan dilakukan. Setelah itu, baru mereka dapat membuat pilihan yang tepat.

Jika Anda tidak menemukan kalkulator pilihan Anda di toko-toko terdekat, cari di toko online karena biasanya pilihan di sana lebih lengkap.

0 Response to "5 Perbedaan Antara Kalkulator Scientific vs Kalkulator Grafik "

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *