4 Merk Jam Tangan Jepang Paling Populer, Ini Dia


Merk jam tangan Jepang awalnya populer karena harga yang lebih murah dibandingkan dengan jam tangan buatan Eropa, karena biaya produksinya juga lebih rendah.

Merk terkenal seperti Seiko dan Casio sukses menjual jam tangan dengan harga lebih murah, terutama untuk segmen jam digital.

Merk jam tangan Jepang populer

Merk jam tangan Jepang populer

Dan berikut adalah 4 merk jam tangan Jepang yang paling popular yang harus Anda ketahui.

#1. Seiko

Jam tangan buatan Jepang pertama yang populer adalah Seiko. Merk ini sering dikaitkan dengan jam tangan digital sederhana dan harganya murah. Namun faktanya Seiko merupakan salah satu merek jam tangan terkemuka di dunia dengan nuansa yang sangat beragam. Mulai dari jam digital yang paling murah sampai jam tangan ultra-mewah.

Seiko didirikan di Ginza, Tokyo, Jepang oleh Kintaro Hattori tahun 1881. Di usianya yang ke 137 tahun sekarang ini, Seiko telah berkembang dari sebuah perusahaan arloji kecil menjadi perusahaan jam tangan terkenal dengan jutaan produk terjual di seluruh dunia.

Dalam bahasa Jepang, kata "Seiko" berarti "Indah" atau "Sukses". Kata Seiko mungkin dipilih untuk menunjukkan visi pendirinya tentang perusahaan jam tangan Jepang berkualitas tinggi yang dapat bersaing dengan kompetitornya dari Eropa.

Seiko memproduksi jam tangan mekanis dan otomatis. Namun produk Seiko selalu dianggap lebih rendah kualitasnya dari merek Barat. Sampai kemudian tahun 1960 Seiko merilis jam tangan mewahnya sendiri yaitu Grand Seiko.

Grand Seiko masih eksis sampai hari ini dan sangat disukai orang Jepang maupun penggemar jam tangan Seiko di seluruh dunia.

Seiko juga memproduksi jam tangan otomatis untuk semua kisaran harga. Mulai dari kisaran rendah (Seiko 5), kisaran menengah (Presage, Prospex untuk olahraga), kisaran tinggi (Grand Seiko) dan ultra luxury (Credor).

Seiko dan jam tangan quartz pertama di dunia

Salah satu penemuan penting dari Seiko adalah jam tangan quartz (kuarsa) yang dirilis tahun 1969, yaitu Seiko Astron. Ini adalah jam tangan quartz pertama di dunia.

Mengapa teknologi jam tangan kuarsa merupakan penemuan penting ? Sebab teknologi quartz memungkinkan ketepatan waktu yang sangat tinggi, yaitu sekitar 30 kali lebih akurat dibanding jam tangan otomatis saat itu. Selain itu juga membuka jalan bagi produksi jam tangan secara massal karena jumlah bagiannya sedikit.

Penemuan penting lainnya dari Seiko adalah apa yang disebut sebagai Spring Drive movement. Spring Drive adalah hibrida dari mekanisme jam tangan otomatis dengan komponen elektronik dan elektromagnetik yang rumit untuk menghasilkan gerakan jam yang sangat akurat dan canggih.

#2. Citizen

Merek jam tangan Jepang populer berikutnya adalah Citizen. Merek ini terkenal dengan jam tangan Solar Eco-Drive-nya. Jam tangan tenaga surya ini merupakan jam tangan yang dapat diandalkan dan relatif bebas perawatan.

Penemuan jam tangan tenaga surya merupakan langkah maju dibandingkan dengan jam kuarsa biasa yang perlu mengganti baterainya setiap 1-2 tahun sekali.

Jam tenaga surya me-recharge baterainya dengan mengubah cahaya menjadi energi listrik melalui sel fotovoltaik pada permukaan jam. Jadi, pengguna tinggal memakai jam tangannya dan otomatis ia akan me-recharge jika terkena sinar.

Untuk kategori jam tangan tenaga surya, Citizen Eco-Drive ini merupakan pelopor. Dan Eco-Drive telah menghasilkan bermacam model dengan banyak fungsi. Salah satu fungsi terbaiknya adalah mampu mengatur waktu sesuai dengan waktu atomik, via sinyal radio. Dengan demikian waktu yang ditampilkan selalu akurat.

Keren bukan ?

Selain Eco-Drive, Citizen juga memproduksi jam tangan kuarsa dan jam tangan otomatis biasa, meski jumlahnya lebih sedikit dibandingkan model Eco-Drive yang lebih dulu populer.

#3. Casio

Jam tangan Jepang selanjutnya adalah Casio. Merk ini terkenal dengan jam tangan G-Shock dan jam tangan digitalnya.

Uniknya, pada awalnya merk Casio bukanlah sebagai perusahaan arloji, melainkan perusahaan yang membuat aneka perangkat, terutama kalkulator pada tahun 1957. Selain kalkulator, Casio memproduksi berbagai produk elektronik lain seperti alat musik, kamera digital, printer, proyektor dan tentu saja, jam tangan.

Orang sering mengasosiasikan Casio dengan jam tangan G-Shock yang tangguh, fungsional dan keren. Namun sejatinya Casio juga menghasilkan jam tangan untuk santai, kasual, maupun pesta.

Baca juga : Jenis-jenis Tali Jam Tangan, Kelebihan dan Kekurangannya

#4. Orient

Jam tangan Orient Jepang

Dari sisi perusahaan, merk Orient tidak sebesar 3 merk jam tangan Jepang sebelumnya. Karena memang nyatanya Orient adalah anak perusahaan dari Seiko. Walaupun sebelumnya Orient adalah perusahaan arloji independen yang berdiri tahun 1950.

Berbeda dengan merk lain yang memiliki beragam produk, Orient sepertinya fokus pada segmen jam tangan gerakan mekanis / otomatis dengan kisaran harga yang lebih sempit (kelas menengah).

Beberapa model jam tangannya sering menyaingi arloji Seiko sendiri. Misalnya, jam tangan low-range dive mereka (Ray and Mako) bersaing langsung dengan Seiko's SKX dan Seiko 5.

Andalan merk Orient adalah jam tangan Orient Star dengan gerakan dan finishing yang dapat bersaing melawan merek lain di kelas menengah dan menengah-atas.

0 Response to "4 Merk Jam Tangan Jepang Paling Populer, Ini Dia"

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *