Kelebihan dan Kekurangan Jam Tangan Keramik, Apa Saja ?


Apa itu jam tangan keramik ? Jam tangan keramik (ceramic watch) adalah sejenis arloji yang komponennya terbuat dari bahan keramik yang diolah dengan teknologi tinggi. Jam tangan ini sangat disukai oleh wanita di berbagai belahan dunia.

Jam tangan keramik mulai diperkenalkan ke publik sejak 1986. Perusahaan jam tangan Swiss merk Rado adalah yang pertama kali menggunakan keramik berteknologi tinggi pada arloji buatannya. Setelah itu muncul jam tangan berbahan sama dari Chanel, Hublot, Omega, Titan, IWC (International Watch Company) dll.

Jam tangan keramik merk Titan

Jam tangan dengan tali keramik merupakan salah satu inovasi penting, karena sebelumnya kita hanya mengenal tali jam tangan dari kulit, plastik, karet dan logam seperti halnya emas dan stainless steel.

Dalam satu dekade terakhir, jam tangan keramik semakin populer karena sifatnya yang tahan lama, nyaman dipakai, serta modis. Bahkan merk jam tangan terkenal seperti Hublot dan Rolex juga memanfaatkan bahan keramik pada desain jam tangannya. Jam tangan berbahan keramik sangat populer dikalangan wanita karena kesannya yang romantis, cute dan girly.

Kelebihan jam tangan keramik 

Jika kita mendengar kata “keramik” mungkin pikiran kita akan tertuju pada ubin, karya seni, gerabah atau alat rumah tangga seperti piring, mangkok, guci, dll. Itu tidak salah. Kaitannya dengan jam tangan, apa kelebihan dengan bahan keramik ?

Jenis keramik yang dipakai pada jam tangan adalah keramik sintetik terdiri dari aluminium, silicium karbida, yttrium, dan zirconium, yang kemudian diolah dengan teknologi tinggi. Keramik berteknologi tinggi sudah lama digunakan di bidang lain seperti teknik dan aeronautika. Kelebihan keramik berteknologi tinggi adalah sangat kuat, ringan, dan non-reaktif.

Dan berikut adalah 6 kelebihan jam tangan keramik :

#1. Sangat kuat 

Untuk menguji tingkat kekerasan sebuah benda, ilmuwan biasa mengetestnya dengan tes Vikers yaitu dengan menggunakan berlian. Hasilnya keramik yang dipakai pada jam tangan bahkan bisa lebih keras dari logam. Keramik pada jam tangan ini memiliki skor 1250 HV, baja dengan skor 600 HV, sedangkan Safir skor 2200HV.

Ini menunjukkan bahwa kekuatan jam tangan keramik tidak perlu diragukan. Jadi jam tangan dari keramik berteknologi tinggi tidak akan pecah jika jatuh pada bidang yang keras.

2. Nyaman dipakai 

Kelebihan selanjutnya adalah nyaman dipakai. Meskipun keramik teknologi tinggi sangat kuat, namun bobotnya lebih ringan dari logam. Selain itu karena sifatnya non logam maka tidak akan terpengaruh oleh perubahan suhu. Jam tangan keramik bisa dipakai siapa saja termasuk oleh mereka yang alergi terhadap bahan logam. Permukaannya bisa sangat halus dan karena itu terasa nyaman dikulit.

#3. Sangat tahan (resistant) 

Jam tangan ini juga tahan terhadap goresan, tahan air dan tahan aus. Karena itu arloji berbahan keramik selalu terlihat seperti baru meskipun sudah bertahun-tahun. Jam ini tidak akan memudar atau menghitam karena non reaktif terhadap garam, bahan kimia, atau keringat.

#4. Lebih estetik 

Awalnya warna jam tangan keramik hanya hitam dan putih. Tapi dalam perkembangannya didesain juga warna yang lebih populer seperti nuansa pastel dan metalik. Selain itu dengan teknik finishing khusus, jam tangan dari keramik dapat menghasilkan spektrum warna yang lebih kaya seperti efek berlian, kristal, atau rhinestones.

#5. Sesuai dengan semua anggaran 

Harga jam tangan keramik sesuai dalam semua anggaran, karena jam ini tersedia dalam berbagai variasi dan gaya. Dari jam tangan mewah, jam tangan sport hingga fashion. Tentu saja, beda harga beda kualitas.

Baca juga : Mengenal Varian Jam Tangan Victorinox Swiss Army Agar Tidak Salah Beli

#6. Mudah dibersihkan 

Cara membersihkan jam tangan keramik sangat mudah yaitu tinggal lap dengan tissue atau kain basah untuk membersihkan tali jam tangan dari debu dan kotor. Setelah itu lap dengan kain bersih dan kering. Jika ada kotoran yang terperangkap di sela-sela tali, dapat disikat dengan sikat yang lembut.

Kekurangan jam tangan keramik

#1. Berpotensi rapuh

Meskipun sifat keramik sangat tahan lama dan tahan goresan, namun struktur keramik punya kekurangan / kelemahan yaitu tidak tahan pecah. Jika sebuah kotak keramik jatuh ke permukaan keras dari ketinggian tertentu, maka ada kemungkinan kotak itu akan pecah.

#2. Proses mendapatkan keramik berkualitas sulit

Perusahaan harus bekerja keras untuk mendapatkan keramik yang berkualitas. Proses pemanasan dan pendinginan material memakan waktu dan sulit dikontrol mesin. Dan setelah terbentuk masih harus melewati pemolesan dan penghalusan.

#3. Harga relatif mahal

Karena proses yang sulit untuk menghasilkan bahan keramik berkualitas, maka harga jam tangan keramik lumayan mahal, yaitu kisarannya ada diantara model stainless steel dan model logam mulia.

0 Response to "Kelebihan dan Kekurangan Jam Tangan Keramik, Apa Saja ? "

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *