6 Cara Membedakan Jam Tangan Asli dan Palsu


Jam tangan yang bagus dan berkualitas di satu sisi selalu laris dibeli orang. Tapi disisi lain kadang mendorong oknum tak bertanggung jawab untuk menciptakan tiruannya alias jam tangan palsu.

Mereka yang menjadi korban jam tangan palsu dapat berasal dari strata mana saja. Bisa rakyat biasa maupun pejabat, artis dan orang terkenal lainnya. Seperti yang menimpa mantan Panglima TNI Jenderal Moeldoko beberapa tahun lalu.

Pasalnya, jam tangan terkenal milik sang Jenderal dikira lansiran dari brand mewah Richard Mille RM 011 Felipe Massa Flyback Chronograph "Black Kite" yang dibanderol dengan harga jual fantastis, yakni Rp 1 miliar.

Di depan wartawan yang menanyakan harga jam tangan spektakuler tersebut, beliau mengaku membeli jam itu seharga 5 juta. Moeldoko malah membantingnya untuk membuktikan bahwa itu bukan jam tangan asli, tapi palsu.

Perbedaan jam tangan asli vs palsu

Membedakan jam tangan asli dan palsu

Agar konsumen tidak mudah tertipu dan membeli jam palsu, berikut 6 cara mudah untuk membedakan jam tangan asli dengan yang palsu. 

#1. Cek harga

Membedakan jam tangan asli dan palsu lewat tampilan fisik boleh jadi terbilang sulit. Salah satunya cara adalah dengan mengetahui perbedaan harga jual diantara produk tersebut. Meskipun, ini juga bukan jaminan karena ada juga barang yang harganya mahal tapi itu palsu.

#2. Berat 

Jam tangan asli biasanya memiliki bobot yang lebih berat dibandingkan dengan jam tangan palsu. Karena bahan material yang digunakan pastinya juga berbeda.

#3. Detail produk 

Membedakan jam tangan palsu dari yang asli juga bisa dilakukan dengan memperhatikan detail pada logo merk jam di body jam tangan.

Logo dan brand jam tangan asli dirancang dengan mengacu pada spesifikasi dan kualitas terbaik, lebih rapi, halus, dan memiliki ciri khas karena umumnya dibuat manual dengan tangan (hand made). Tujuannya adalah agar susah untuk diduplikasi oleh pembuat barang tiruan, yang biasanya menggunakan mesin dan diproduksi secara massal.

#4. Sertifikat jam tangan

Sertifikat merupakan aset yang membuktikan bahwa jam tangan tersebut asli atau orisinal. Sertifikat ini juga biasa berlaku untuk koleksi tas-tas mewah seperti Hermes, Louis Vuitton, dan sebagainya.

#5. Tempat beli 

Jangan pernah membeli jam tangan mewah dan harganya mahal lewat calo atau perantara. Ini semata –mata untuk menjamin keaslian dan kualitas produk.

Belilah jam tangan di toko resmi dan telah beroperasi dalam jangka waktu yang lama, bukan dari “toko yang baru buka kemarin sore”. Beli di toko online juga harus berhati-hati.

Baca juga : 4 Merk Jam Tangan Jepang Paling Populer, Ini Dia

#6. Garansi resmi 

Pembelian jam tangan yang asli selalu disertai dengan garansi resmi langsung dari produsen, dan bukan sekedar garansi toko. Perhatikan bahwa kartu garansi ini selalu disertai dengan hologram resmi. Waktu garansi jam tangan biasanya berkisar antara 1-3 tahun. Semakin lama garansinya semakin bagus.

0 Response to "6 Cara Membedakan Jam Tangan Asli dan Palsu"

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *