Tips Memilih Kalkulator Scientific Yang Bagus Untuk Pelajar, Mahasiswa dan Profesional


Kalkulator scientific sering disebut pula dengan kalkulator ilmiah atau kalkulator sains. Di pasaran saat ini tersedia berbagai merek kalkulator scientific, dari yang harganya murah sampai yang paling mahal. Merek kalkulator scientific yang banyak dijumpai di pasaran misalnya Casio, Canon, Sharp, Hewlett Packard, Texas Intruments (TI), dll.

Kalkulator scientific yang bagus

Kalkulator tersebut dapat dibeli di toko alat tulis dan kantor, toko elektronik, ataupun toko online.

Masalahnya memilih salah satu dari banyak pilihan sering membuat kita bingung. Dari semua merk itu manakah kalkulator scientific yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan kita ?

Tulisan singkat ini akan mencoba membantu pembaca dalam memilih kalkulator scientific yang bagus, murah dan sesuai dengan kebutuhan.

Tips memilih kalkulator scientific yang bagus

Pertanyaan yang paling mendasar adalah kalkulator ini nanti akan digunakan untuk pekerjaan seperti apa ?

Kalkulator milik “juragan beras” misalnya, mungkin hanya mengenal penambahan, pengurangan, perkalian, pembagian serta beberapa fungsi hitung-hitungan sederhana.

Tapi kalkulator ilmiah yang bagus punya kemampuan untuk menghitung fungsi kalkulus lanjutan seperti trigonometri, logaritma dan fungsi eksponensial lainnya. Juga, bisa menjalankan operasi biner, heksadesimal, perhitungan okta, serta memiliki akses built in pada beberapa konstanta matematika.

Nah, berikut ini beberapa pertimbangan penting sebelum membeli kalkulator scientific :

#1. Penggunaan kalkulator 

Di pasaran ada seabreg merk kalkulator ilmiah, dari yang sederhana sampai yang kompleks. Jika kamu seorang pelajar, maka kamu mungkin memerlukan kalkulator geometric yang dapat membantu mengerjakan tugas-tugas matematika dasar, aljabar, dan trigonometri.

Jika Anda seorang insinyur, Anda akan memilih kalkulator scientific canggih untuk mendukung pekerjaan dan proyek bisnis terkait. Dan jika Anda seorang guru, maka Anda dapat menggunakan model kalkulator scientific yang berbeda untuk menjelaskan pada siswa tentang cara menggunakan kalkulator ilmiah secara mandiri.

Dengan mengetahui tujuan penggunaan alat hitung tersebut, maka itu akan membantu kita menemukan kalkulator scientific yang bagus dan sesuai.

#2. Jenis dan model kalkulator 

Jika Anda membandingkan beberapa kalkulator scientific maka masing-masing mungkin memiliki fungsi-fungsi yang berbeda. Sebuah kalkulator scientific sederhana misalnya, mampu membantu menangani tugas-tugas matematika umum seperti aljabar dan persamaan sederhana. Jenis kalkulator ilmiah seperti ini sesuai untuk pelajar sekolah menengah.

Untuk mahasiswa, mereka membutuhkan kalkulator ilmiah dengan lebih banyak fungsi seperti grafik dan fraksi. Kalkulator scientific seperti ini akan mampu mengerjakan soal-soal dengan penyebut umum, faktor-faktor umum dan kelipatan. Beberapa kalkulator scientific yang top bisa memiliki lebih dari 130 fungsi untuk membantu menangani aneka pekerjaan.

Dan untuk para professional, seiring dengan berjalannya waktu, Anda akan lebih mudah mengetahui mana kalkulator ilmiah yang paling cocok, serta bagaimana pentingnya sebuah kalkulator yang bagus untuk mendukung pekerjaan ataupun karir seseorang.

#3. Banyaknya fungsi yang dibutuhkan 

Kalkulator scientific yang canggih memiliki banyak fungsi untuk mendukung aneka pekerjaan. Jumlah fungsi dari kalkulator canggih ini bisa mencapai 100 bahkan lebih. Misalnya fugsi-fungsi matematika dasar seperti aljabar, fraksi dan trigonometri; serta fitur ilmiah lanjutan seperti grafik, statistic dan akunting.

Sebagai contoh, kalkulator ilmiah canggih seperti TI-83 memiliki fitur tabel periodik, dan fungsi keuangan (financing). Akurasi dalam memilih fungsi-fungsi yang kelak paling banyak digunakan akan membantu Anda mendapatkan kalkulator scientific terbaik dan paling sesuai.

#4. Jenis dan tipe layar 

Kalkulator scientific dengan layar LED yang bagus dan mudah dibaca akan sangat membantu indera penglihatan.

Kalkulator ilmiah sederhana biasanya hanya memiliki display satu baris dan sudah memadai untuk mengerjakan soal matematika umum. Sedangkan kalkulator ilmiah bagus dan canggih memiliki beberapa baris untuk keperluan grafik dan fraksi, bahkan ada yang sampai 16 baris. Kalkulator scientific dengan display full color, juga sangat berguna menangani aneka pekerjaan.

Dengan membandingkan aneka kalkulator sains dari beberapa aspek, nanti akan ditemukan kalkulator scientific yang terbaik bagi keperluan pribadi ataupun profesi.

#5. Kekuatan baterai 

Kebanyakan kalkulator scientific beroperasi dengan dukungan baterai (battery powered). Itu artinya alat hitung ini hanya akan bekerja selama baterainya memiliki daya. Baterai kalkulator harganya murah dan mudah dibeli.

Selain itu ada juga kalkulator scientific tenaga surya. Kalkulator tenaga surya mampu bekerja selama ada cahaya matahari yang cukup. Beberapa kalkulator ilmiah canggih memiliki dual power, yaitu tenaga baterai dan tenaga surya.

#6. Fitur khusus 

Fitur khusus merupakan poin plus dalam memilih kalkulator ilmiah yang bagus. Beberapa kalkulator canggih saat ini memiliki fitur tambahan yang sangat oke. Misalnya :

• Software yang bisa di upgrade sehingga selalu up to date. Calculator seperti ini cocok untuk para mahasiswa agar selalu in progress.
• Casing anti mikroba untuk mencegah jamur menempel atau casing dari plastik yang bisa di-recycle.
• Casing kuat berbentuk sliding yang akan melindungi calculator saat tidak digunakan.
• Layar LED yang lebih nyaman di mata dll.


Kalkulator scientific untuk pelajar dan mahasiswa

Bagi pelajar SMA, apalagi jurusan IPA, memiliki kalkulator ilmiah sama pentingnya dengan memiliki buku dan tas sekolah. Sedangkan untuk mahasiswa jurusan matematika, fisika, kimia, astronomi, teknik, dan sejenisnya, kalkulator scientific adalah perangkat yang wajib dimiliki.

Sebelum membeli, pelajar dan mahasiswa harus mempertimbangkan tingkat kompleksitas kalkulator dengan kebutuhan masing-masing. Mereka biasanya akan diberi saran atau rekomendasi oleh guru dan dosen tentang model kalkulator tertentu yang dibutuhkan. Saran dan rekomendasi ini terutama sangat penting untuk tingkat pelajar.

Khusus bagi pelajar, pertimbangkan untuk memilih kalkulator ilmiah dengan spek yang lebih tinggi dari spek minimum yang disarankan agar tidak harus membeli lagi pada tahun depan.

Kalkulator scientific untuk bisnis dan profesional  

Kalkulator scientific tidak melulu digunakan oleh para akademisi jurusan matematika dan IPA (MIPA), tetapi juga jurusan astronomi dan fisika.

Di sisi lain para arsitek, perencana, insinyur, dll adalah para professional yang tak bisa lepas dari kalkulator ilmiah. Para professional tentu menginginkan kalkulator yang bagus dan berkualitas, serta mampu menjalankan fungsi-fungsi yang berkaitan dengan pekerjaan mereka.

Mencari sharing pengalaman dari rekan seprofesi tentang kalkulator scientific terbaik merupakan langkah yang bijak. Jika memungkinkan, peminat kalkulator ilmiah untuk bisnis sebaiknya mencoba beberapa desain dan model kalkulator yang berlainan untuk menemukan mana yang paling cocok.

Contoh kalkulator scientific yang bagus

Beberapa merk kalkulator ilmiah yang bagus dan populer misalnya Canon, Casio, Sharp, Hewlett Packard, Texas Instrument dll. Menurut Ebay.com, beberapa kalkulator ilmiah bagus dari Canon misalnya model F-170 dan F-719SG.

Kalkulator scientific merk Casio : FX-300ES Plus, FX-115ES Plus, FX-115MS Plus, FX-300MS Plus, dan FX-260 Solar.

Kalkulator scientific Sharp : EL-500WBBK, EL-501WBBL, EL-506WBBK, EL-506XBWH, EL-520WBBK,  EL-531WBBK, EL-531WBBL, EL-W516B, EL-W535B.

Kalkulator ilmiah merk Hewlett Packard : HP 10s, the HP 33s, and the HP 35s.

Kalkulator ilmiah merk Texas Instruments : TI-30Xa, TI-30X IIS, TI-30XS Multiview, TI-34 Multiview, TI-36X Pro, TI-36X Solar.

Itulah panduan singkat memilih kalkulator scientific yang bagus. Jika Anda punya masukan yang lain silakan menambahkan di kolom komentar.

0 Response to "Tips Memilih Kalkulator Scientific Yang Bagus Untuk Pelajar, Mahasiswa dan Profesional"

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *