7 Cara Menghemat Baterai MP3 Player Agar Tahan Lama


Baterai pada perangkat portable seperti MP3 player, smartphone, tablet, dll biasanya berupa baterai isi ulang. Masalahnya, baterai isi ulang itu kemampuannya akan menurun dari dari waktu ke waktu, seiring siklus pengisian / pengosongan, sampai akhirnya baterai tersebut perlu diganti.

Cara menghemat baterai mp3 player agar tahan lama

Oleh karena itu, pengguna sebaiknya mengetahui seluk beluk bagaimana cara menghemat baterai Mp3 player miliknya, supaya awet dan tahan lama. Dengan mengoptimalkan beberapa pengaturan pada gadget musik tersebut, maka umur pakai baterai dapat bertahan lebih lama.

Cara menghemat baterai MP3 player 

Dan berikut beberapa cara menghemat baterai pada mp3 player :

#1. Jaga suhu agar tetap dingin 

Suhu panas adalah ancaman terbesar bagi gadget dengan baterai isi ulang. Jika Anda membiarkan gadget Anda berada di tempat yang mudah terkena panas, maka gadget tersebut akan cepat kehilangan kemampuannya.

Jadi kalau Anda suka mendengarkan MP3 player di mobil misalnya, maka pastikan untuk meletakkannya di tempat yang sejuk, seperti di bagasi, jangan ditempat yang mudah terkena panas seperti dashboard.

#2. Sesuaikan pengaturan layar 

Setelan kecerahan layar (brightness) yang maksimal, akan menguras daya baterai secara signifikan. Bahkan pada setting-an default pun biasanya masih terlalu terang. Coba kurangi pengaturan ini sebanyak mungkin untuk menghemat daya.

Jika perangkat Mp3 player Anda punya opsi screen saver, cobalah mengurangi waktu nyala sebelum layar padam, opsi ini akan banyak menghemat daya.

#3. Tombol hold / lock 

Fitur ini dipasang pada banyak gadget portable, gunanya untuk menghindari pengontrolan yang tidak disengaja saat gadget berada dalam saku baju atau tas. Fitur ini akan memastikan bahwa daya tidak berkurang saat perangkat dalam posisi terkunci (lock). 

#4. Gunakan playlist  

Jika Anda sering memutar beberapa lagu favorite, sebaiknya pertimbangkan untuk membuat playlist, sehingga tidak perlu melompati trek hanya untuk berulangkali memutar lagu yang sama. Daya baterai akan lebih banyak terkuras dengan melompat-lompati trek dibanding sekedar mendengarkan lagu.

#5. Tipe headphone / earphone

Faktor lain yang dapat mempengaruhi awet atau borosnya baterai mp3 player adalah jenis earbud / headphone yang digunakan. Earphone yang jelek akan menghasilkan suara yang kurang jelas sehingga Anda perlu meningkatkan volume level setiap kali mendengarkan lagu. Akibatnya daya baterai lebih banyak terkuras dan dengan demikian mengurangi umur pakainya.

#6. Update firmware 

Bagian ini sering terlewatkan. Padahal update firmware dapat meningkatkan efisiensi penggunaan MP3 player Anda. Cek pada situs produsen mp3 player itu untuk melihat apakah ada update firmware terbaru.

Baca juga : Daftar Mp3 Player Terbaik 2018

#7. Gunakan format audio yang dikompres 

Sebagian besar gadget portabel yang mampu memutar audio dan video akan memiliki cache memori. Gunanya adalah untuk mengoptimalkan penggunaan prosesor dan data. Dengan menggunakan format audio terkompresi seperti MP3, AAC, WMA, dan lain-lain, maka akan membantu menghemat daya baterai mp3 player. Karena, cache memori tidak perlu di-refresh dengan data baru sesering seperti ketika menggunakan format yang tidak dikompres.

0 Response to "7 Cara Menghemat Baterai MP3 Player Agar Tahan Lama"

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *