4 Perbedaan Antara Hardisk 2.5” dan 3.5”


Perbedaan utama antara hardisk 2.5” dan 3.5” adalah pada ukurannya. Yakni hardisk 2.5” ukurannya lebih mungil, lebih pendek dan tipis. Ini membuat hardisk ukuran 2.5” sangat populer digunakan oleh para pengguna laptop atau notebook. Sedangkan komputer desktop biasanya menggunakan ukuran lebih besar yaitu hardisk 3.5”.

Perbedaan hardisk 2.5 inci dan 3.5 inci

Perbedaan Antara Hardisk 2.5” dan 3.5” 

Dan berikut ini adalah perbedaan lebih detail antara hardisk 2.5 inci vs 3.5 inci.

#1. Ukuran fisik

Secara kasuistik ukurannya mungkin saja berbeda antara merk hardisk yang satu dengan yang lainnya. Tapi secara umum ukuran hardisk 3.5” adalah : panjang 5.8” , lebar 4” , dan tebal 0.8”. Ini merujuk pada ukuran hardisk 1TB desktop dari beberapa produsen utama.

Sementara itu hardisk 2.5” dari produsen yang sama berukuran : panjang 4.0” , lebar 2.8” , dan tebal 0.4” . Bobot HD 2.5” juga lebih ringan dibandingkan HD 3.5” yaitu : 100 gram berbanding 400 – 500 gram.

#2. Tujuan penggunaan

Secara umum hardisk 3,5 inci digunakan di komputer desktop dan hardisk 2,5 inci digunakan untuk laptop / notebook. Tapi HD 2,5 inci juga dapat dipakai pada desktop komputer namun dengan beberapa tambahan. Anda biasanya memerlukan braket khusus untuk menyesuaikannya di tempat HD 3,5 inci.

#3. Konektor

Hardisk versi SATA (serial advanced technology attachment) sekarang ini banyak digunakan oleh HD 2.5” dan 3.5” . Pada versi ini keduanya punya konektor yang sama, yaitu steker data yang ukurannya kecil dan steker power yang ukurannya lebih besar.

Untuk hardisk lama yang masih menggunakan koneksi paralel ATA  memiliki konektor yang berbeda. Yaitu hardisk 3,5 inci menggunakan konektor 44 pin, dan yang 2,5 inci hanya memiliki 40 pin.

#4. SSD

Hardisk tipe SSD (solid state drive), yang menggunakan chip memori flash sebagai pengganti cakram magnetik, hampir selalu hadir dalam ukuran hardisk 2.5” inci. Terlepas dari apakah itu ditujukan untuk keperluan desktop atau notebook.

Meski ukurannya kecil, hardisk SSD ini memiliki densitas data yang tinggi dan harganya lebih mahal. Jika memori flash digunakan untuk mengisi selungkup 3.5” maka bukan hanya akan memiliki kapasitas yang sangat besar tapi juga harganya akan semakin mahal.

0 Response to "4 Perbedaan Antara Hardisk 2.5” dan 3.5” "

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *